Perencanaan dan implementasi dakwah majelis taklim dalam meningkatkan pemahaman keagamaan jamaah: Studi deskriptif di Majelis Taklim Sirojul Ulum Dusun Citeureup Jatinangor

Akmaliah, Risda (2022) Perencanaan dan implementasi dakwah majelis taklim dalam meningkatkan pemahaman keagamaan jamaah: Studi deskriptif di Majelis Taklim Sirojul Ulum Dusun Citeureup Jatinangor. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (44kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (27kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (123kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (366kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (385kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (307kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (98kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (193kB) | Request a copy

Abstract

Perencanaan merupakan salah satu point penting dalam sebuah organisasi, begitu juga dalam sebuah majelis taklim, mempunyai rencana sebelum melaksanakan kegiatan sangat dianjurkan sebagai penentuan serangkaian tindakan untuk mencapai hasil yang diinginkan. Melihat situasi dan kondisi masyarakat Dusun Citeureup, masih ada sebagian masyarakat yang belum memahami sepenuhnya dan terlihat masih kebingungan terhadap pemahaman ilmu-ilmu keagamaan. Penelitian ini difokuskan pada perencanaan program dakwah yang dibuat oleh lembaga Majelis Taklim Sirojul Ulum serta bagaimana cara peng implementasiannya dan evaluasi setelah kegiatan dilaksanakan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana perencanaan program dakwah Majelis Taklim Sirojul Ulum dalam meningkatkan pemahaman keagamaan jamaahnya, implementasi kegiatan Majelis Taklim Sirojul Ulum dalam upaya meningkatkan pemahaman keagamaan jamaah, serta tindakan evaluasi pada kegiatan program dakwah yang sudah dilaksanakan sebagai pembelajaran untuk pelaksanaan kegiatan berikutnya. Perencanaan adalah keseluruhan proses pemikiran dan penentuan secara matang dari pada hal-hal yang akan dikerjakan di masa yang akan datang dalam rangka pencapaian tujuan yang telah ditentukan. Pemahaman keagamaan adalah proses memahami dan memahamkan seseorang terhadap ajaran, sistem yang mengatur tata keimanan, kepercayaan dan peribadatan kepada Tuhan Yang Maha Esa serta tata kaidah yang berhubungan dengan pergaulan manusia, pergaulan manusia dengan lingkungannya serta hubungan manusia dengan tuhannya. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif untuk memperoleh data yang diperlukan berupa informasi atau pemaparan mengenai situasi dan kondisi yang akan diteliti. Objek penelitian ini yaitu lembaga pendidikan Islam non formal Majelis Taklim Sirojul Ulum dengan teknik pengumpulan data berupa observasi sebagai pengamatan langsung ke lapangan dan teknik pengumpulan data berupa wawancara digunakan untuk mencari informasi terhadap informan penelitian yang terlibat, serta dokumentasi terhadap benda-benda atau sesuatu yang berada di lingkungan penelitian. Hasil temuan dari penelitian terkait perencanaan dakwah Majelis Taklim Sirojul Ulum dalam meningkatkan pemahaman keagamaan jamaah terdapat beberapa program dakwah yang dijalankan yaitu: pengajian rutinan, peringatan hari besar islam, serta ziarah waliyullah. Program dakwah tersebut dilaksanakan sesuai waktu dan jadwal yang telah ditentukan. Maka, perencanaan dakwah di Majelis Taklim Sirojul Ulum dilaksanakan melalui program-program yang sudah dibuat sebagai upaya meningkatkan pemahaman ilmu keagamaan para jamaah.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Perencanaan; Implementasi; dakwah; majelis taklim
Subjects: Area Planning > Plans for Specific Kinds of Areas
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Manajemen Dakwah
Depositing User: Risda Akmaliah
Date Deposited: 27 Jul 2022 01:13
Last Modified: 27 Jul 2022 01:13
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/54136

Actions (login required)

View Item View Item