Peran masyarakat desa dalam menjalankan program Badan Usaha Milik Desa/BUMDes Rancakasumba : Penelitian pada masyarakat Desa Rancakasumba Kecamatan Solokanjeruk Kabupaten Bandung

Yuningsih, Ami (2022) Peran masyarakat desa dalam menjalankan program Badan Usaha Milik Desa/BUMDes Rancakasumba : Penelitian pada masyarakat Desa Rancakasumba Kecamatan Solokanjeruk Kabupaten Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (214kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (198kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (201kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (389kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (588kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (427kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (720kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (213kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (205kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini berawal dari tidak berjalannya dengan baik setiap program usaha yang telah direncanakan oleh BUMDes Rancakasumba. Dengan adanya permasalah ini diperlukan peran masyarakat untuk menunjang serta mendukung setiap program usaha yang ada pada BUMDes Rancakasumba, sehingga dapat berjalan dengan baik dan memberikan keuntungan kepada masyarakat di lingkungan desa Rancakasumba maupun BUMDes dalam segi pemberdayaan dan ekonomi. Landasan teori yang digunakan pada penelitian ini menggunakan teori fungsionalisme struktural dari Talcott Parsons. Pada teori fungsionalisme struktural ini menekankan pada keteraturan fungsi pada setiap sistem yang ada di masyarakat dengan menggunakan empat imperatif fungsional Parson dalam mempertahankan sistem. Dalam teori fungsionalisme struktural ini masyarakat dan BUMDes saling melakukan penyesuaian (Adaptasi) lalu memiliki tujuan yang hendak dicapai (Pencapaian Tujuan) mempertahankan kesatuan diantara masyarakat dengan BUMDes (Integrasi) dan ketiga hal tersebut dipelihara melalui sebuah aturan yang megikat antara masyarakat dan BUMDes (Pemeliharaan Pola). Pendekatan pada penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Penelitian deskriptif adalah penelitian yang berusaha mendeskipsikan suatu kejadian, gejala, serta peristiwa yang sedang terjadi saat sekarang. Pada penelitian deskriptif ini berkaitan dengan penggambaran kondisi di lapangan mengenai peran masyarakat dalam menjalankan program BUMDes serta menggali informasi melalui informan dengan menggunakan pedoman wawancara yangt telah dibuat. Data yang digunakan merupakan data primer dan data sekunder. Sumber data primer diambil melalui wawancara secara langsung dengan informan, sedangkan data sekunder didapat melalui catatan yang terdapat di Instansi Desa Rancakasumba. Hasil penelitian menunjukan bahwa peran masyarakat dalam menjalankan program BUMDes memiliki dampak positif terhadap keberlangsungan hubungan masyarakat dengan BUMDes, memberikan keuntungan secara ekonomi bagi kedua belah pihak, dan memberikan peluang bagi masyarakat untuk bisa mengembangkan diri dalam hal berbisnis. Adapun dampak negatif yaitu baru sedikit masyarakat yang ikut berpartisipasi, target penjualan yang tidak mencapai nilai, dan tidak berjalannya sebagian program usaha. Dapat disimpikan bahwa peran masyarakat terhadap BUMDes dapat dikategorikan menjadi tiga yaitu, sebagai penanggungjawab, sebagai konsumen dan sebagai penyebar informasi. Dengan demikian diharapkan BUMDes kedepannya bisa lebih memberikan peluang serta kesempatan untuk setiap masyarakat dalam mengembangkan potensi dirinya.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Peran Masyarakat; Program BUMDes
Subjects: Social Interaction, Interpersonal Relations > Social Participation
Social Interaction, Interpersonal Relations > Social Role
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Sosiologi
Depositing User: Ami Yuningsih
Date Deposited: 27 Jul 2022 05:05
Last Modified: 27 Jul 2022 05:05
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/54103

Actions (login required)

View Item View Item