Implementasi kebijakan pertemuan tatap muka terbatas pada masa pandemi Covid-19 : Studi kasus Dinas Pendidikan Kabupaten Sumedang

Sapara, Rima Melati (2022) Implementasi kebijakan pertemuan tatap muka terbatas pada masa pandemi Covid-19 : Studi kasus Dinas Pendidikan Kabupaten Sumedang. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (90kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (100kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (48kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (348kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (239kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (100kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (200kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (104kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (172kB) | Request a copy

Abstract

Pendidikan di Indonesia saat ini mengkhawatirkan sejak merebaknya Covid-19. Karena pendidikan merupakan aset suatu bangsa. Oleh karena itu, pemerintah melakukan inisiatif untuk pendidikan terus survive di masa pandemi covid-19 sesuai perkembangannya yaitu dengan merevisi SKB 4 Menteri, ditindaklanjuti oleh Bupati Sumedang dan Dinas Pendidikan Kab. Sumedang dalam teknis pelaksanaan kebijakan Pertemuan Tatap Muka Terbatas. Pada kebijakan ini ternyata hanya 14,3% SD yang pada minggu pertama langsung melaksanakannya. Selain itu, permasalahan tiap daerah bervariasi salah satunya belum merata vaksin tenaga kependidikan, dan materi yang disampaikan berupa materi esensial saja karena keterbatasan waktu. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi kebijakan pertemuan tatap muka terbatas menggunakan teori Richard Matland yaitu melihat ketepatan kebijakan, ketepatan pelaksanaan, ketepatan target, dan ketepatan pelaksanaan, serta melihat dukunan politik, strategi, dan teknisnya. Metode penelitian yang digunakan yaitu pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Teknik pengumpulan data dengan observasi, wawancara, dokumentasi, dan triangulasi data. Serta teknik analisis data mulai dari reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan. Hasil penelitiannya yaitu peran Dinas Pendidikan dalam Impelentasi Kebijakan Pertemuan Tatap Muka Terbatas pada Masa Pandemi Covid-19 dapat dikatakan sudah baik. Berdasarkan teori Richard Matland yang mengatakan “4 tepat” dalam implementasi kebijakan, kebijakan pertemuan tatap muka pada masa pandemi Covid-19 di Dinas Pendidikan Kab. Sumedang ini keempat ketepatannya sudah sesuai dalam teori.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Implementasi; Kebijakan Publik; Pertemuan Tatap Muka Terbatas
Subjects: Political dan Government Science > Local Government
Political dan Government Science > Political Situation and Condition
Public Administration
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Administrasi Publik
Depositing User: Rima Melati
Date Deposited: 27 Jul 2022 04:34
Last Modified: 27 Jul 2022 04:34
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/54102

Actions (login required)

View Item View Item