Aktivitas siswa mengikuti pembelajaran tatap muka terbatas hubungannya dengan motivasi belajar mereka pada mata pelajaran Akidah Akhlak: Penelitian terhadap siswa kelas IX MTs Terpadu Attaqwa 04 Bekasi

Salsabila, Salwa (2022) Aktivitas siswa mengikuti pembelajaran tatap muka terbatas hubungannya dengan motivasi belajar mereka pada mata pelajaran Akidah Akhlak: Penelitian terhadap siswa kelas IX MTs Terpadu Attaqwa 04 Bekasi. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (21kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (199kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (206kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (590kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (625kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (586kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (500kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (201kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (409kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya kebijakan baru dalam melaksanakan pembelajaran tatap muka terbatas (PTMT) di masa pandemi Covid-19. Pembelajaran tatap muka terbatas (PTMT) tentu sangat berbeda pelaksanaanya dari situasi sebelumnya, akan tetapi pembelajaran seperi ini diharapkan mampu menjadi solusi guna menunjang aktivitas di sekolah. Maka dari itu, penulis tertarik untuk meneliti ada atau tidaknya hubungan antara aktivitas siswa mengikuti pembelajaran tatap muka terbatas dengan motivasi belajar mereka pada mata pelajaran Akidah Akhlak. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui: 1) Realitas aktivitas siswa mengikuti pembelajaran tatap muka terbatas, 2) Realitas motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Akidah Akhlak, 3) Realitas hubungan antara aktivitas siswa mengikuti pembelajaran tatap muka terbatas dengan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Akidah Akhlak. Penelitian ini dilakukan karena adanya faktor motivasi belajar yakni kondisi siswa pada saat pembelajaran berlangsung, baik kondisi individual maupun kondisi sosial. Motivasi dalam belajar dipengaruhi oleh aktivitas siswa dalam belajar. Oleh karena itu, hipotesis yang diajukan adalah terdapat hubungan antara aktivitas siswa mengikuti pembelajaran tatap muka terbatas dengan motivasi belajar mereka pada mata pelajaran Akidah Akhlak. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan metode korelasional. Penelitian ini dilaksanakan di kelas IX MTs Terpadu Attaqwa 04 Bekasi dengan sampel sebanyak 40 siswa. Teknik pengumpulan datanya menggunakan angket, observasi, wawancara dan dokumentasi. Adapun untuk analisis data menggunakan dua pendekatan yakni analisis parsial dan analisis korelasi. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Realitas aktivitas siswa mengikuti pembelajaran tatap muka terbatas berkategori tinggi, berdasarkan nilai rata-rata sebesar 3,79 yang berada pada interval 3,51-4,50, 2) Realitas motivasi belajar siswa berkategori tinggi, berdasarkan nilai rata-rata sebesar 3,86 yang berada pada interval 3,51-4,50, 3) Realitas hubungan antara aktivitas siswa mengikuti pembelajaran tatap muka terbatas dengan motivasi belajar mereka pada mata pelajaran Akidah Akhlak adalah: (a) Koefisien korelasi termasuk kategori sedang yaitu 0,49 yang berada pada interval 0,400-0,599, (b) Hipotesisnya diterima, dimana thitung sebesar 3,46 dan ttabel sebesar 2,02 maka thitung > ttabel sehingga (Ha) diterima dan (Ho) ditolak. Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan antara aktivitas siswa mengikuti pembelajaran tatap muka terbatas dengan motivasi belajar mereka pada mata pelajaran Akidah Akhlak di kelas IX MTs Terpadu Attaqwa 04 Bekasi.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Aktivitas; PTMT; Motivasi Belajar; Akidah Akhlak
Subjects: Islam > Islamic Religious Education
Educational Institutions, Schools and Their Activities
Educational Institutions, Schools and Their Activities > Project Methods
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Salwa Salsabila
Date Deposited: 27 Jul 2022 02:30
Last Modified: 27 Jul 2022 02:30
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/54091

Actions (login required)

View Item View Item