Pengaruh Current Ratio (CR) dan Debt to Equity Ratio (DER) terhadap Net profit Margin (NPM) pada perusahaan manufaktur yang terdaftar di Jakarta Islamic Index (JII) periode 2016-2020

Nuraeni, Resvika Orinta (2022) Pengaruh Current Ratio (CR) dan Debt to Equity Ratio (DER) terhadap Net profit Margin (NPM) pada perusahaan manufaktur yang terdaftar di Jakarta Islamic Index (JII) periode 2016-2020. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (16kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (25kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftar isi.pdf

Download (350kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (529kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (605kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (901kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (30kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (143kB) | Request a copy

Abstract

Current Ratio merupakan rasio likuiditas yang menentukan sejauh mana perusahaan dapat membayar kewajiban pendek. Jika perusahaan memiliki nilai Current Ratio yang tinggi, maka perusahaan akan semakin mudah dalam memenuhi kewajibannya. Sedangkan Debt to Equity Ratio adalah rasio yang menggambarkan kemapuan perusaahaan dalam memenuhi kewajiban jangka panjang. Lalu untuk Net Profit Margin merupakan rasio yang berguna untuk melihat tingkat kemampuan perusahaan dalam menghasilkan keuntungan dari penjualan. DER meningkat dibandingkan dengan periode sebelumnya, otomatis jumlah hutang lebih besar dari modal perusahaan, maka biaya yang ditanggung untuk memenuhi kewajiban perusahaan akan semakin besar sehingga menyebabkan NPM semakin menurun. Begitupula sebaliknya. Tujuan diadakannya penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar pengaruh Current Ratio (CR) secara parsial terhadap Net Profit Margin (NPM) pada Perusahaan Manufaktur Indonesia Periode 2016-2020, pengaruh Debt to Equity Ratio (DER) secara parsial terhadap Net Profit Margin pada Perusahaan Manufaktur periode 2016-2020, dan seberapa besar pengaruh Current Ratio (CR) dan Debt to Equity Ratio (DER) secara simultan terhadap Net Profit Margin (NPM) pada Perusahaan Manufaktur Periode 2016-2020. Kerangka Berpikir menunjukan bahwa terdapat pengaruh antara Current Ratio dan Debt to Equity Ratio terhadap Net Profit Margin. Tetapi Net Profit Margin juga dapat dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Metode penelitian yang dipakai adalah metode penelitian deskriptif verifikatif dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah perusahaan Manufaktur yang terdaftar di Jakarta Islamic Index. Dari kriteria yang telah ditentukan sampel yang digunakan sebanyak 4 perusahaan.Tekhnik purposive sampling adalah metode sampel yang digunakan dalam penelitian ini dan untuk tekhnik analisis data yang dipakai adalah tekhnik analisis statistik deskrpitif, analisis linier berganda, uji t, uji F dan uji koefisien determinasi dengan menggunakan SPSS For Windows vesi 25.0 Penelitian ini mendapat hasil bahwa secara parsial pengaruh Current Ratio tidak berpengaruh signifikan terhadap Net Profit Margin sebesar 8,3%. Debt to Equity Ratio secara parsial tidak berpengaruh signifikan terhadap Net Profit Margin pada Perusahaan Manufaktur Periode 2016-2020 sebesar 45,6%. Dan secara simultan Current Ratio dan Debt to Equity Ratio berpengaruh signifikan terhadap Net Profit Margin pada Perusahaan Manufakur dengan nilai sebesar 0,531 atau 53,1%.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Current Ratio (CR); Debt to Equity Ratio (DER); Net Profit Margin (NPM)
Subjects: Accounting > Financial Reporting
General Management > Financial Management
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Program Studi Manajemen Keuangan Syariah
Depositing User: Resvika Orinta Nuraeni
Date Deposited: 27 Jul 2022 01:08
Last Modified: 27 Jul 2022 01:08
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/54074

Actions (login required)

View Item View Item