Siklus anggaran pada Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kota Bandung tahun 2020

Paisal, Muhamad Rizki Paisal (2022) Siklus anggaran pada Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kota Bandung tahun 2020. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (112kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (74kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (146kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (281kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (206kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (172kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (481kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (136kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (190kB) | Request a copy

Abstract

Siklus Anggaran merupakan jangka waktu atau masa dimana saat anggaran disusun hingga jangka waktu perhitungan anggaran disahkan oleh undang-undang. Secara umum, siklus anggaran terdiri dari proses penyusunan anggaran, proses pelaksanaan atau implementasi anggaran, pengawasan (Controlling) anggaran, dan pelaporan anggaran serta akuntabilitas (pertanggungjawaban) anggaran. Adapun yang melatarbelakangi penelitian ini adalah adanya permasalahan dalam realiasasi anggaran, yang disebabkan proses pengelolaan anggaran yang kurang baik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui siklus anggaran pada Dinas penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kota Bandung Tahun 2020 yang terdiri dari empat tahapan yaitu Tahap Persiapan Anggaran, Tahap Ratifikasi Anggaran, Tahap Pelaksanaan Anggaran serta Tahap Pelaporan dan Evaluasi Anggaran. Teori yang digunakan oleh peneliti dalam melakukan penelitian ini adalah teori dari (Mardiasmo, 2018:87) yang mengemukakan bahwa dalam siklus anggaran terdiri dari empat tahapan yaitu Tahap Persiapan Anggaran, Tahap Ratifikasi Anggaran, Tahap Pelaksanaan Anggaran serta Tahap Pelaporan dan Evaluasi Anggaran. Metode penelitian yang digunakan oleh peneliti adalah metode penelitian kualitatif deskriptif. Jenis dan sumber data yang digunakan peneliti yaitu sumber data primer dan sekunder. Kemudian teknik pengumpulan data yang digunakan oleh peneliti yaitu melalui observasi, wawancara, dan studi kepustakaan. Hasil penelitian menjelaskan bahwa siklus anggaran pada Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kota Bandung tahun 2020 terdiri dari empat tahap. Tahap persiapan anggaran berawal dari rumusan rencana kerja yang mengacu pada capaian target dan realisasi pada tahun sebelumnya. Tahap ratifikasi anggaran dimulai dari penyusunan Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD), kemudian berlanjut ke penetapan Rencana Kerja dan Anggaran (RKA), lalu dilanjutkan ke pengesahan Dokumen Pelaksanaan Anggaran (DPA). Tahap pelaksanaan anggaran dilaksanakan selama periode satu tahun anggaran yaitu sejak tanggal 1 Januari sampai dengan tanggal 31 Desember. Pada tahap pelaporan dan evaluasi anggaran terdiri atas tiga tahap yaitu sebelum review, sebelum audit dan audit.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Siklus Anggaran; Tahap Persiapan Anggaran; Tahap ratifikasi Anggaran; Tahap Pelaksanaan Anggaran; Tahap Pelaporan dan Evaluasi Anggaran.
Subjects: Public Administration > General Publications of Public Administration
Public Administration > Public Administration in Specific Localities
Public Administration > Public Administration in Indonesia
Administration of Economy > Administration of Financial Institutions
Accounting > General Publications of Accounting
Accounting > Financial Reporting
Accounting > Auditing
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Administrasi Publik
Depositing User: Muhamad Rizki Paisal
Date Deposited: 26 Jul 2022 04:21
Last Modified: 26 Jul 2022 04:21
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/54040

Actions (login required)

View Item View Item