Pengaruh Current Ratio (CR) dan Debt to Equity Ratio (DER) terhadap Earning Per Share (EPS) pada perusahaan yang terdaftar di Jakarta Islamic Index (JII) : Penelitian di PT Ace Hardware Indonesia Tbk periode 2011-2021

Barokah, Bella Yuliawan (2022) Pengaruh Current Ratio (CR) dan Debt to Equity Ratio (DER) terhadap Earning Per Share (EPS) pada perusahaan yang terdaftar di Jakarta Islamic Index (JII) : Penelitian di PT Ace Hardware Indonesia Tbk periode 2011-2021. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (19kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (29kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (135kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (180kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (338kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (230kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (617kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (61kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (252kB) | Request a copy

Abstract

Latar belakang dari penelitian ini adalah untuk melihat seberapa besar jumlah Earning Per Share (EPS) yang ada di perusahaan, karena dalam laporan laba rugi Earning Per Share (EPS) dimaksudkan untuk mengukur tingkat return investasi yang berasal dari setiap lembar saham. Terdapat faktor yang mempengaruhi diantaranya yaitu Current Ratio (CR) rasio yang menunjukan kemampuan perusahaan untuk membiayai hutang-hutang lancarnya pada saat jatuh tempo. Semakin besar nilai Current Ratio (CR) maka akan berpengaruh terhadap profitabilitas perusahaan. Kemudian Debt to Equity Ratio (DER) yang merupakan salah satu rasio yang mengukur seberapa besar kemampuan perusahaan dalam memenuhi kewajiban jangka panjangnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Current Ratio (CR) secara parsial terhadap Earning Per Share (EPS) PT Ace Hardware Indonesia Tbk, mengetahui pengaruh Debt to Equity Ratio (DER) secara parsial terhadap Earning Per Share (EPS) PT Ace Hardware Indonesia Tbk dan mengetahui pengaruh Current Ratio (CR) dan Debt to Equity Ratio (DER) secara simultan terhadap Earning Per Share (EPS) PT Ace Hardware Indonesia Tbk. Kerangka teori yang digunakan dalam penelitian ini yaitu Earning Per Share (EPS) dalam suatu perusahaan dipengaruhi oleh Current Ratio (CR) maupun Debt to Equity Ratio (DER) sehingga semakin tinggi nilai rasio Current Ratio (CR) dan Debt to Equity Ratio (DER) turun maka akan mencerminkan nilai Earning Per Share (EPS) akan meningkat. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu data sekunder yang diperoleh dari publikasi laporan keuangan PT Ace Hardware Indonesia Tbk periode 2011-2021. Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu menggunakan analisis deskriptif , uji asumsi klasik, uji asosiatif yang terdiri dari regresi sederhana dan berganda, korelasi dan berganda, koefisien determinasi dan uji hipotesis T dan uji hipotesis F. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa (1) secara parsial Current Ratio (CR) berpengaruh signifikan terhadap Earning Per Share (EPS) dengan hasil uji t yaitu sebesar 3,281 > 2,262 dan nilai koefisien determinasi sebesar 54,5%. (2) secara parsial Debt to Equity Ratio (DER) tidak berpengaruh signifikan terhadap Earning Per Share (EPS) dengan nilai uji t 1,221 < 2,262 dan nilai koefisien determinasi sebesar 14,2%. (3) secara simultan Current Ratio (CR) dan Debt to Equity Ratio (DER) tidak berpengaruh signifikan terhadap Earning Per Share (EPS) dengan hasil uji f yaitu sebesar 8,674 > 4,459 dan nilai koefisien 68,4%. Pada PT Ace Hardware Indonesia Tbk.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Current Ratio (CR); Debt to Equity Ratio (DER); Earning Per Share (EPS)
Subjects: General Management > Financial Management
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Program Studi Manajemen Keuangan Syariah
Depositing User: Bella Yuliawan Barokah
Date Deposited: 26 Jul 2022 02:52
Last Modified: 26 Jul 2022 02:52
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/54035

Actions (login required)

View Item View Item