Pengaruh Net Profit Margin (NPM) dan Earning Per Share (EPS) terhadap Dividen Payout Ratio (DPR) pada perusahaan yang terdaftar di Indeks Saham Syariah Indonesia (ISSI) : Studi di PT Metrodata Elektronics Tbk periode 2011-2020

Yanuar, Mochamad (2022) Pengaruh Net Profit Margin (NPM) dan Earning Per Share (EPS) terhadap Dividen Payout Ratio (DPR) pada perusahaan yang terdaftar di Indeks Saham Syariah Indonesia (ISSI) : Studi di PT Metrodata Elektronics Tbk periode 2011-2020. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (19kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (48kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (162kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (165kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (477kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3..pdf
Restricted to Registered users only

Download (595kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (784kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5..pdf
Restricted to Registered users only

Download (56kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (69kB) | Request a copy

Abstract

Perkembangan ekonomi membuat transaksi ekonomi dapat dilakukan dengan berbagai cara salah satu nya berinvestasi. Melalui laporan keuangan investor dapat mengetahui kemampuan dari perusahan dalam menghasilan Net Profit Margin (NPM), dan Earning Per Share (EPS). Sehingga investor dapat mengetahui seberapa besar keuntungan atau laba yang dapat diberikan perusahaan dalam bentuk Divden Payout Ratio (DPR). Adapun tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui dan menganalisa pengaruh Net Profit Margin (NPM) terhadap Dividen Payout Ratio (DPR) pada PT. Metrodata Elektronics Tbk secara parsial, untuk mengetahui dan menganalisa pengaruh Earning Per Share (EPS) terhadap Dividen Payout Ratio (DPR) PT. Metrodata Elekonics Tbk secara parsial, mengetahui dan menganalisa pengaruh Net Profit Margin (NPM) dan Earning Per Share (EPS) terhadap Dividen Payout Ratio (DPR) PT. Metrodata Elektronics Tbk secara simultan. Kerangka pemikiran dalam penelitian ini didasarkan pada teori menurut para ahli maupun menurut peneliti terdahulu yang menyatakan bahwa Net Profit Margin (NPM) dan Earning Per Share (EPS) berpengaruh positif terhadap Dividen Payout Ratio (DPR) artinya jika Net Profit Margin dan Earning Per Share naik, maka Dividen Payout Ratio pun ikut naik begitu juga sebaliknya. Pada penelitian ini menggunakan analisis deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Jenis data yang digunakan yaitu data sekunder dari laporan tahunan 2011-2020 Analisis data menggunakan metode deskriptif, analisis regresi (linier,berganda), analisis korelasi, analisis koefisien determinasi, uji hipotesis (uji t dan uji f). Pengolahan data menggunakan SPSS for windows versi 26 sebagai penunjang awal pengolahan data. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Net Profit Margin secara parsial tidak berpengaruh signifikan terhadap Dividen Payout Ratio dengan nilai determinasi sebesar 15,15%. Artinya Net Profit Margin memiliki kontribusi 15,15% terhadap Dividen Payout Ratio, sedangkan sisanya 84,85% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti, Earning Per Share secara parsial tidak berpengaruh signifikan terhadap Dividen Payout Ratio dengan hasil determinasi sebesar 14,2%. Artinya, Earning Per Share memiliki kontribusi 14,2%. terhadap Dividen Payout Ratio, sedangkan sisanya 85,8% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti, Net Profit Margin dan Earning Per Share secara simultan tidak berpengaruh signifikan terhadap Dividen Payout Ratio dengan nilai determinasi sebesar 15,4%. Artinya, secara bersama-sama Net Profit Margin dan Earning Per Share memiliki kontribusi 15,4% terhadap Dividen Payout Ratio sedangkan sisanya 84,6% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Net Profit Margin (NPM);Earning Per Share (EPS);Dividen Payout Ratio (DPR)
Subjects: Educational Institutions, Schools and Their Activities
General Management
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Program Studi Manajemen Keuangan Syariah
Depositing User: Mochamad Yanuar
Date Deposited: 25 Jul 2022 06:14
Last Modified: 25 Jul 2022 07:03
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/53958

Actions (login required)

View Item View Item