Pengaruh jumlah pembiayaan terhadap laba dengan Non Performing Financing (NPF) sebagai variabel mediasi di PT. Permodalan Nasional Madani (Persero), Tbk. tahun 2016-2020

Nurkomalasari, Nina (2022) Pengaruh jumlah pembiayaan terhadap laba dengan Non Performing Financing (NPF) sebagai variabel mediasi di PT. Permodalan Nasional Madani (Persero), Tbk. tahun 2016-2020. Masters thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text
1_Cover.pdf

Download (171kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2_Abstrak.pdf

Download (107kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3_daftarisi.pdf

Download (63kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4_bab1.pdf

Download (263kB) | Preview
[img] Text
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (446kB)
[img] Text
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (246kB)
[img] Text
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (915kB)
[img] Text
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (125kB)
[img] Text
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (152kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pertumbuhan laba PT. Permodalan Nasional Madani, TBK dari tahun 2016 hingga tahun 2019, sekalipun pada tahun 2020 mengalami penurunan akibat pandemi Covid 19. Pertumbuhan laba diasumsikan terdampak oleh jumlah pembiayaan dan tingkat kelancaran bayar para nasabah (performing financing). Tujuan penelitian ini adalah menganalisis pengaruh langsung dan tidak langsung variabel jumlah pembiayaan terhadap laba melalui Non Performing Financing (NPF) di PT. Permodalan Nasional Madani, TBK. Metode penelitian menggunakan analisis statistik deskriptif dengan pendekatan uji asumsi klasik dan analisis jalur (path analysis). Alat bantu analisis penelitian ini menggunakan aplikasi SPSS V.26 dan kalkulator online uji sobel. Jenis data yang digunakan adalah sekunder, yang bersumber dari website www.pnm.co.id dan www.ojk.go.id. Seri waktu data dipilih dalam rentang waktu lima tahun, yaitu 2016 sampai 2020. Untuk variabel Jumlah Pembiayaan dan Non Performing Financing (NPF), peneliti menggunakan teori dalam buku “Bank Islam Analisis fiqh dan Keuangan” yang ditulis oleh Adiwarman A. Karim. Sedangkan untuk variabel Laba, peneliti lebih banyak menggunakan teori dalam buku “Manajemen Perbankan Syariah: Prinsip, Praktik Dan Prospek” yang ditulis oleh Muhammad. Pengambilan sampel penelitian dalam rentang waktu lima tahun ini menggunakan nonprobability sample dengan teknik sampel jenuh, yaitu peneliti mengambil keseluruhan dari total populasi sebagai sampel penelitian. Jumlah sampel sebanyak 60 bulan atau 5 tahun masa pelaporan keuangan PT. Permodalan Nasional Madani,Tbk dan rilis laporan data industri keuangan non bank Otoritas Jasa Keuangan. Hasil penelitian menunjukan secara parsial bahwa jumlah pembiayaan berpengaruh signifikan terhadap Non Performing Financing (NPF), jumlah pembiayaan berpengaruh signifikan terhadap laba, Non Performing Financing (NPF) berpengaruh signifikan terhadap laba. Jumlah Pembiayaan dan Non Performing Financing (NPF) berpengaruh secara simultan terhadap Laba. Melalui Uji regresi Baron & kenny Non Performing Financing (NPF) mampu memediasi hubungan anatra variabel jumlah pembiayaan dan laba.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Pembiayaan; laba; Non Performing Financing; PNM
Subjects: Accounting > Financial Reporting
General Management > Financial Management
Divisions: Pascasarjana Program Magister > Program Studi Ekonomi Islam
Depositing User: Nina Nurkomalasari
Date Deposited: 28 Jul 2022 04:23
Last Modified: 28 Jul 2022 04:23
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/53955

Actions (login required)

View Item View Item