Pemanfaatan media audio visual dalam layanan bimbingan dan konseling Islam : Penelitian di Madrasah Aliyah Negeri 1 Sukabumi Kecamatan Cibadak Kabupaten Sukabumi

Hafidziansyah, Muhammad Jihad (2022) Pemanfaatan media audio visual dalam layanan bimbingan dan konseling Islam : Penelitian di Madrasah Aliyah Negeri 1 Sukabumi Kecamatan Cibadak Kabupaten Sukabumi. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_Cover.pdf

Download (215kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_Abstrak.pdf

Download (197kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_Daftar Isi.pdf

Download (421kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_BAB I.pdf

Download (525kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (985kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (316kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (366kB) | Request a copy

Abstract

Layanan bimbingan konseling islam merupakan salah satu jenis layanan yang sangat penting dalam rangka membantu peserta didik agar terhindar dari berbagai masalah yang dapat mengganggu pencapaian perkembangannya. Penggunaan media audio visual di MAN 1 Sukabumi berpengaruh dalam bidang bimbingan dan konseling. Seorang guru bimbingan konseling harus menggunakan media audio visual sebagai cara untuk memberikan informasi. Sehingga membantu mendorong siswa MAN 1 Sukabumi dalam membangkitkan minat terhadap layanan informasi yang diberikan. Nilai layanan bimbingan dan konseling islam terbukti sangat penting, terutama bagi peserta didik. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui (1) Strategi Bimbingan dan Konseling Islam melalui Media Audio Visual di MAN 1 Sukabumi. (2) Proses Bimbingan dan Konseling Islam melalui Media Audio Visual di MAN 1 Sukabumi. (3) Faktor Kendal Bimbingan dan Konseling Islam melalui Media Audio Visual di MAN 1 Sukabumi. Metode peneltian yang digunakan adalah kualitaitf deskriptif dimana penulis berfokus mendeskripsikan suatu kejadian atau fenomena yang diperoleh dan terdapat dilapangan penelitian yang sesuai dengan topik pemanfataan media audio visual dalam layanan bimbingan dan konseling Islam. Media audio visual adalah alat yang dapat menyajikan serta memberikan materi dalam bentuk elektronik, dalam memberikan pesan-pesan secara audio visual. Proses dalam pemberian layanan bimbingan dan konseling islam dengn memakai media audio visual meteri yang dapat diambil oleh siswa melalui indra penglihatan dan indra pendengaran serta tidak bergantung pada kata-kata yang sama (Arsyad 2009:30). Hasil penelitian menunjukan bahwa penyediaan layanan bimbingan dan konseling Islam menggunakan media audio visual berjalan dengan baik, dan dukungan dari sekolah, dan semua guru bimbingan konseling yang terlibat dalam memberikan informasi kepada siswa. Penggunaan media dalam pemberian layanan yaitu siswa lebih tertarik dan bergairah menerima informasi yang diberikan oleh guru bimbinga konseling melalui media.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Media Audio Visual; Layanan Bimbingan Konseling Islami
Subjects: Social Interaction, Interpersonal Relations > Media of Communication, Mass Media
Educational Institutions, Schools and Their Activities > Student Guidance and Counseling
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Bimbingan Konseling Islam
Depositing User: Muhammad Jihad Hafidziansyah
Date Deposited: 25 Jul 2022 03:29
Last Modified: 25 Jul 2022 03:29
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/53944

Actions (login required)

View Item View Item