Tanggapan siswa terhadap penerapan media pembelajaran online dan hubungannya dengan prestasi kognitif mereka pada mata pelajaran PAI : Penelitian korelasional terhadap siswa kelas VIII SMP IT Fitrah Insani 2 Baleendah

Hartoni, Senna Sayyidah (2022) Tanggapan siswa terhadap penerapan media pembelajaran online dan hubungannya dengan prestasi kognitif mereka pada mata pelajaran PAI : Penelitian korelasional terhadap siswa kelas VIII SMP IT Fitrah Insani 2 Baleendah. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (92kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (89kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (162kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (270kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (252kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (247kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (233kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (73kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR OUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (145kB) | Request a copy

Abstract

Berdasarkan studi pendahuluan bahwa ketika masa Pandemic Covid-19 di SMP IT Fitrah Insani 2 Baleendah dalam pembelajaran PAI secara online menggunakan media e�learning milik sekolah, kemudian menggunakan zoom atau google meet. Pada proses pembelajaran siswa secara umum mengikuti dengan baik dan antusias. Maka dari itu, peneliti tertarik untuk meneliti sejauh mana tanggapan siswa terhadap penerapan media pembelajaran online serta apakah terdapat hubungan antara penerapan media pembelajaran online dengan prestasi kognitif siswa pada mata pelajaran PAI. Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1) Tanggapan siswa terhadap media pembelajaran online; 2) Prestasi kognitif siswa pada mata pelajaran PAI; 3) Apakah terdapat hubungan antara tanggapan siswa terhadap penerapan media pembelajaran online dengan prestasi kognitif mereka pada mata pelajaran PAI. Penelitian ini dilakukan karena salah satu faktor yang mempengaruhi prestasi kognitif siswa adalah pemilihan dan penggunaan media ketika proses pembelajaran berlangsung. Penelitian ini mengacu pada kerangka pemikiran: Apabila tanggapan siswa baik terhadap penerapan media online, maka prestasi kognitif siswa pun akan baik. Maka dari itu, hipotesis yang diajukan adalah terdapat hubungan antara tanggapan siswa terhadap penerapan media pembelajaran online dengan prestasi kognitif mereka pada mata pelajaran PAI. Metode penelitian ini dilakukan dengan menggunakan pendekatan kuantitatif dan metode nya menggunakan metode analisis korelasi. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah berupa observasi, wawancara, angket dan tes. Analisis data yang dipakai dalam penelitian ini adalah analisis validitas, analisis reliabilitas, analisis korelasi dan analisis hipotesis. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Realitas tanggapan siswa terhadap penerapan media pembelajaran online termasuk ke dalam kategori tinggi dengan skor rata-rata 60 yang berada pada interval 60-79. 2) Realitas prestasi kognitif pada PAI termasuk ke dalam kategori rendah dengan skor akhir rata-rata 69,47 yang berada pada interval 60-69. 3) Realitas hubungan antara tanggapan siswa terhadap penerapan media pembelajaran online dengan prestasi kognitif pada mata pelajaran PAI adalah: (a) Koefisien korelasi sebesar 0,852 termasuk kategori tinggi yang mana angka tersebut berada pada derajat hubungan 0,81-1.00. (b) Hipotesis nya diterima, karena thitung 9,192 lebih besar dari ttabel 2,036. Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa tanggapan siswa terhadap penerapan media pembelajaran online berhubungan dengan prestasi kognitif pada mata pelajaran PAI kelas VIII SMP IT Fitrah Insani 2 Baleendah.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Tanggapan; Siswa; Media; Pembelajaran; Online; Prestasi; Kognitif; PAI
Subjects: Islam > Islamic Religious Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Sena Hartoni
Date Deposited: 25 Jul 2022 00:42
Last Modified: 25 Jul 2022 00:42
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/53943

Actions (login required)

View Item View Item