Pengaruh Current Ratio (CR) dan Debt to Equity Ratio (DER) terhadap Return On Equity (ROE) pada PT. Indosat Tbk yang terdaftar di Jakarta Islamic Indeks (JII) periode 2011-2020

Wibisono, Moch Bondan (2022) Pengaruh Current Ratio (CR) dan Debt to Equity Ratio (DER) terhadap Return On Equity (ROE) pada PT. Indosat Tbk yang terdaftar di Jakarta Islamic Indeks (JII) periode 2011-2020. Sarjana thesis, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam: Program Studi Manajemen Keuangan Syariah.

[img]
Preview
Text
1_cover.pdf

Download (24kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2_abstrak.pdf

Download (46kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3_daftarisi.pdf

Download (54kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4_bab1.pdf

Download (155kB) | Preview
[img] Text
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (398kB) | Request a copy
[img] Text
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (238kB) | Request a copy
[img] Text
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (517kB) | Request a copy
[img] Text
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (48kB) | Request a copy
[img] Text
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (113kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini di latar belakangi oleh banyaknya perusahaan dalam industri, serta kondisi perekonomian saat ini telah menciptakan suatu persaingan yang ketat antar perusahaan. Salah satu tolak ukur keberhasilan perusahaan yaitu profitabilitas yang tinggi, yang dapat dilihat dalam Return On Equity (ROE). Faktor yang mempengaruhi Return On Equity (ROE) yaitu Current Ratio (CR) dan Debt to Equity Ratio (DER), karena rasio tersebut digunakan untuk mengetahui kemampuan perusahaan dalam melunasi kewajibannya yang berpengaruh terhadap tingkat profitabilitas. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Current Ratio secara parsial terhadap Return On Equity, untuk mengetahui Debt to Equity Ratio parsial terhadap Return On Equity dan untuk mengetahui pengaruh Current Ratio dan Debt to Equity Ratio secara simultan terhadap Return On Equity pada PT. Indosat Tbk. Periode 2011-2020 Kerangka berpikir dalam penelitian ini adalah apabila perusahaan dapat mengelola modal kerja dengan baik dalam kegiatan operasinya, maka Current Ratio dan Debt to Equity Ratio akan mengalami peningkatan sehingga laba yang diperoleh juga meningkat. Hal tersebut akan meningkatkan Current Ratio perusahaan. Metode penelitian yang digunakan adalah analisis deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Jenis data yang digunakan adalah data sekunder dari laporan keuangan PT. Indosat Tbk Periode 2011-2020. Teknik pengumpulan data yaitu dokumentasi dan kepustakaan. Analisis data menggunakan metode deskriptif analisis deskriptif analisis regresi (sederhana dan berganda), analisis korelasi, analisis determinasi dan analisis uji hipotesis (Uji t dan Uji f). Adapun pengolahan data menggunakan SPSS For Windows Versi 25 dan Microsoft Excel sebagai penunjang pengolahan data awal. Berdasarkan hasil penelitian secara parsial (uji t) menunjukkan bahwa variabel Current Ratio tidak berpengaruh signifikan terhadap Return On Equity dengan thitung < ttabel sebesar -2,130 < 2,306. Sedangkan secara parsial variabel Debt to Equity Ratio tidak berpengaruh signifikan terhadap Return On Equity yaitu dengan hasil thitung dan ttabel 0,628 < 2,306. Berdasarkan hasil penelitian secara simultan (uji f) menunjukkan bahwa Current Ratio dan Deb to Equity Ratio berpengaruh signifikan terhadap Return On Equity dengan nilai fhitung 6,68 > ftabel 4,74.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Current Ratio (CR); Debt to Equity Ratio (DER); dan Return On Equity (ROE);
Subjects: Educational Institutions, Schools and Their Activities
General Management
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Program Studi Manajemen Keuangan Syariah
Depositing User: Moch Bondan Wibisono
Date Deposited: 28 Jul 2022 05:10
Last Modified: 28 Jul 2022 05:10
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/53932

Actions (login required)

View Item View Item