Pengelolaan zakat produktif dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat melalui program Bangkit Usaha Mandiri Sukabumi (BUMI) : Studi deskriptif di BAZNAS Kabupaten Sukabumi

Chairullita, Nurliana Hamni (2022) Pengelolaan zakat produktif dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat melalui program Bangkit Usaha Mandiri Sukabumi (BUMI) : Studi deskriptif di BAZNAS Kabupaten Sukabumi. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (74kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (45kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (109kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (384kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (259kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (487kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (122kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (171kB) | Request a copy

Abstract

Skripsi ini memaparkan peran program BUMI dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui berbagai permasalahan yaitu bagaimana konsep pengelolaan program BUMI dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat, bagaimana program BUMI dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat, bagaimana faktor penghambat serta pendukung dalam melaksanakan program BUMI terhadap kesejahteraan masyarakat dan bagaimana hasil program BUMI dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Metode yang dilakukan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif dengan menggunakan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Sumber data primer dalam penelitian ini adalah pengurus dan staff BAZNAS Kabupaten Sukabumi dan para mustahik penerima bantuan program BUMI. Sedangkan sumber data sekunder berasal dari buku, jurnal penelitian yang lain. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa pengelolaan zakat produktif dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat melalui program BUMI di BAZNAS Kabupaten Sukabumi sudah dilaksanakan sesuai dengan apa yang telah direncanakan. Dalam konsep pengelolaan meliputi kegiatan perencanaan program, pengorganisasian program, pelaksanaan program, serta pengawasan program. Adapun cara program BUMI dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat yaitu dengan pemberian modal, bantuan motivasi dan binaan rohani, serta pelatihan usaha. Dalam sebuah program pasti ada faktor penghambat serta pendukung. Program BUMI BAZNAS Kabupaten Sukabumi selalu berusaha melakukan yang terbaik dalam pengelolaan zakat produktif dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Pengelolaan; Zakat Produktif; Program BUMI; Kesejahteraan Masyarakat
Subjects: Islam > Zakat
Social Welfare, Problems and Services
General Management > Organizations
General Management > Planning and Strategic Management
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Manajemen Dakwah
Depositing User: Nurliana Hamni Chairullita
Date Deposited: 25 Jul 2022 04:02
Last Modified: 25 Jul 2022 06:02
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/53918

Actions (login required)

View Item View Item