Dampak rendahnya kemampuan ekonomi masyarakat pedesaan dalam minat melanjutkan pendidikan di perguruan tinggi: Penelitian di Desa Cisaat Kecamatan Ciater Kabupaten Subang

Hidayat, Intan Putri (2022) Dampak rendahnya kemampuan ekonomi masyarakat pedesaan dalam minat melanjutkan pendidikan di perguruan tinggi: Penelitian di Desa Cisaat Kecamatan Ciater Kabupaten Subang. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (259kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (200kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (208kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (469kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (973kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (483kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (236kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (221kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh kenyataan rendahnya kemampuan ekonomi masyarakat pedesaan dan rendahnya minat masyarakat pedesaan untuk melanjutkan pendidikan di perguruan tinggi. Pendidikan merupakan indikator yang dapat mempengaruhi terjadinya pertumbuhan ekonomi. Peran dari masyarakat terhadap pendidikan sangat mempengaruhi tingkat pendidikan. Pendidikan di perguruan tinggi sangat penting untuk karena nantinya lulusan-lulusan perguruan tinggi tersebut dapat berkontribusi secara langsung bagi masyarakat di sana. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui dampak rendahnya kemampuan ekonomi masyarakat di Desa Cisaat dalam minat melanjutkan pendidikan di perguruan tingi, persepsi masyarakat Desa Cisaat dalam minat melanjutkan pendidikan di perguruan tinggi dan minat masyarakat Desa Cisaat dalam minat melanjutkan pendidikan di perguruan tinggi. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori fakta sosial dari Emile Durkheim. Menurutnya teori fakta sosial adalah semua cara bertindak, berpikir atau kekuatan yang bersifat memaksa sehingga membuat individu melakukan tindakan sosial. Kaitannya dengan teori ini adalah individu akan mengikuti tanpa memiliki pilihan, jadi dengan rendahnya kemampuan ekonomi masyarakat pedesaan tidak mempunyai pilihan lain seperti melanjutkan pendidikannya. Metode penelitian yang digunakan yaitu pendekatan kualitatif deskriptif. Metode kualitatif deskriptif ini bertujuan untuk mencari jawaban atas pertanyaan yang diajukan peneliti yang dijelaskan secara rinci sesuai dengan kondisi aslinya. Dalam hal ini untuk mengetahui dampak rendahnya kemampuan ekonomi masyarakat pedesaan dalam minat melanjutkan pendidikan di perguruan tinggi. Hasil temuan dalam penelitian ini adalah 1) Dampak rendahnya kemampuan ekonomi masyarakat pedesaan menimbulkan beberapa hal. Tingkat kesadaran masyarakat dalam minat pendidikan di perguruan tinggi masih banyak masyarakat yang kurang responsif akan hal tersebut. 2) Persepsi masyarakat Desa Cisaat terhadap pendidikan di perguruan tinggi sebagian mempunyai tanggapan yang baik dan sebagian mempunyai persepsi yang kurang baik terhadap pendidikan di perguruan tinggi. 3) Minat remaja Desa Cisaat untuk melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi sebenarnya ada. Beberapa remaja di sana memiliki minat atau kemauan yang tinggi untuk masuk ke perguruan tinggi walaupun untuk saat ini masih banyak yang menunda hal tersebut karena beberapa hal seperti faktor ekonomi, tidak ada motivasi dan lain sebagainya.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Fakta Sosial; Dampak; Pendidikan; Perguruan Tinggi;
Subjects: Education, Research
Animal Husbandry > Education, Research, Related Topics
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Sosiologi
Depositing User: Intan Putri Hidayat
Date Deposited: 25 Jul 2022 06:22
Last Modified: 25 Jul 2022 06:22
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/53906

Actions (login required)

View Item View Item