Perubahan sosial ekonomi masyarakat lokal akibat pengembangan pariwisata Cicalengka Dreamland: Studi desktiptif di Desa Tanjungwangi Kecamatan Cicalengka Kabupaten Bandung

Pramudia, Rizki Gusti (2022) Perubahan sosial ekonomi masyarakat lokal akibat pengembangan pariwisata Cicalengka Dreamland: Studi desktiptif di Desa Tanjungwangi Kecamatan Cicalengka Kabupaten Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_Cover.pdf

Download (109kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_ABSTRAK.pdf

Download (52kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
DAFTAR ISI (2).pdf

Download (73kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_BAB I.pdf

Download (125kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (199kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (62kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (334kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (51kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (158kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi dari adanya pengembangan pariwisata Cicalengka Dreamland menimbulkan perubahan pada sistem sosial masyarakat termasuk pada aspek ekonomi. Perubahan sosial ekonomi masyarakat tersebut melalui beberapa proses dan memberikan dampak positif dan negatif terhadap kehidupan masyarakat lokal di sekita tempat pariwisata. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui bentuk dan proses perubahan sosial ekonomi masyarakat lokal, serta untuk mengetahui faktor yang mempengaruhi adanya perubahan sosial tersebut terhadap perkembangan pariwisata Cicalengka Dreamland. Teori yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan teori perubahan sosial Talcott Parson dalam sebuah konsep "AGIL" berkaitan dengan bentuk dan proses yang terjadi pada perubahan tersebut, melalu empat imperatif fungsional: adaptation, goal attainment, integration, dan lantency. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitiatif dengan metode deskriptif dengan mendeskripsikan secara empiris kondisi dilapangan. Sumber data terdiri dari sumber data primer yang diperoleh melalui teknik pengumpulan data wawancara dan observasi. Adapun sumber data sekunder didapatkan melalui teknik dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan model Miles Huberman meliputi reduksi data, representasi data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan proses perubahan sosial ekonomi masyarakat lokal tersebut melalu beberapa tahapan yaitu: a) difusi, proses membangun pariwisata sebagai based community terhadap masyarakat lokal; b) proses difusi, integrasi pengembangan pariwisata dengan berbahai pihak swasta, pemerintah desa, dan masyarakat lokal; c) proses konsekuensi, penerimaan terhadap perubahan sosial. Bentuk perubahan sosial masyarakat terhasap pengembanhan pariwisata Cicalengka Dreamland yaitu: a) perubahan pendapatan masyarakat lokal; b) perubahan mata pencaharian; c) perubahan terhadap harga-harga; d) perubahan distribusi keuntungan; dan perubahan terhadap peluang usaha masyarkat. Selain itu terdapat beberapa faktor yang mempengaruhi perubahan sosial ekonomi masyarakat lokal tersebut baik: a) faktor pendukung mencakup adaptasi yang baik, membuka diri, dan inovasi masyatakat; b) faktor penghambat mencakup pola pikir masyarakat dan tingkat pendidikan.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Perubahan Sosial; Masyarakat Lokal; Cicalengka Dreamland
Subjects: Social Process > Social Change
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Sosiologi
Depositing User: Rizki Gusti Pramudia
Date Deposited: 25 Jul 2022 05:54
Last Modified: 25 Jul 2022 05:54
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/53876

Actions (login required)

View Item View Item