Penerapan model pembelajaran Role Playing untuk meningkatkan pemahaman mata pelajaran Akidah Akhlak : Penelitian tindakan kelas pada siswa kelas VIII di MTs Al-Islam Pasir Salam Soreang Kabupaten Bandung

Ummah, Sandra Khoirul (2022) Penerapan model pembelajaran Role Playing untuk meningkatkan pemahaman mata pelajaran Akidah Akhlak : Penelitian tindakan kelas pada siswa kelas VIII di MTs Al-Islam Pasir Salam Soreang Kabupaten Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_Cover.pdf

Download (305kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_Abstrak.pdf

Download (416kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_DaftarIsi.pdf

Download (621kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_BAB 1.pdf

Download (502kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (662kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (475kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (668kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (217kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_DaftarPustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (216kB) | Request a copy

Abstract

Berdasarkan hasil observasi awal, pembelajaran akidah akhlak di MTs Al-Islam Pasir Salam, terdapat masalah dan dapat disimpulkan bahwa: (1) pemahaman siswa terhadap pelajaran akidah akhlak sangatlah minim, hal tersebut dapat dilihat berdasarkan hasil penilaian tengah semester (PTS) ataupun setiap penilaian akhir semester (PAS) pada tahun ajaran baru siswa selalu mendapatkan nilai dibawah Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM), (2) pengaplikasiannya dalam pelajaran aqidah akhlak juga membuat siswa kurang mengerti terhadap materi pembelajaran, hal ini disebabkan karena kurang mengkolaborasikan dalam penggunaan metode pembelajaran, atau penggunaan metode pembelajaran kurang variatif dan kurang menarik perhatian siswa.Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui (1) pemahaman siswa sebelum diterapkan model pembelajaran role playing; (2) pelaksanaan penerapan model pembelajaran role playing; (3) hasil setelah diterapkan model pembelajaran role playing. Metode role playing di asumsikan dapat meningkatkan pemahaman belajar siswa karena memiliki kelebihan yakni melalui metode role playing dapat mengikut sertakan siswa secara langsung dalam kegiatan pembelajaran di kelas dengan cara siswa memerankan sebuah drama didepan kelas, sehingga siswa akan lebih memahami materi pembelajaran. Oleh karena itu, hipotesis yang diajukan adalah terdapat hasil penerapan model pembelajaran role playing dalam penguatan pemahaman mata pelajaran akidah akhlak. Diduga pemahaman siswa dengan adanya penerapan model pembelajaran role playing lebih kuat dalam mata pelajaran akidah akhlak. Hal ini terbukti dengan banyaknya siswa dapat menjawab beberapa soal yang diberikan. Metode penelitian yang digunakan adalah PTK. Langkah penelitian PTK meliputi: Perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi, PTK ini dilaksanakan 2 siklus. Alat pengumpulan data: observasi, tes, wawancara dan studi dokumentasi. Analisis data menggunakan pendekatan logika dan statistik sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) sebelum diterapkan model pembelajaran role playing pemahaman siswa pada materi akidah akhlak yaitu: 68,3 ; (2) proses penerapan metode: guru menyebutkan materi pembelajaran, guru membuat siswa menjadi tiga kelompok, siswa dipilih untuk memperankan naskah drama, siswa yang lain tetap pada kelompoknya dan mengamati pemeranan, setelah pertunjukan selesai setiap kelompok diberi kertas lembar kerja untuk pembahasan, perwakilan kelompok mempresentasikan hasil diskusinya, guru menyampaikan kesimpulan secara umum, dan di akhir guru membagikan tes soal kepada siswa; (3) pemahaman siswa setelah diterapkan model pembelajaran role playing adalah 83,53 terdapat peningkatan pemahaman sebesar 15,23.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Penerapan; Role; Playing; Pemahaman; Akidah; Akhlak.
Subjects: Education, Research
Educational Institutions, Schools and Their Activities
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Sandra Khoirul Ummah
Date Deposited: 22 Jul 2022 08:03
Last Modified: 22 Jul 2022 08:03
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/53845

Actions (login required)

View Item View Item