Analisis strategi pemasaran produk deposito Mudharabah pada minat nasabah di PT. Bank Syariah Indonesia KCP Bandung Buah Batu 2

Fatimah, Kintan Syahlatul (2022) Analisis strategi pemasaran produk deposito Mudharabah pada minat nasabah di PT. Bank Syariah Indonesia KCP Bandung Buah Batu 2. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (19kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (27kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (81kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (177kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (598kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (184kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (578kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (241kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (257kB) | Request a copy

Abstract

Strategi Pemasaran merupakan sarana atau alat untuk mencapai tujuan pada suatu organisasi atau institusi dengan menciptakan suatu metode/tindakan dan mempersiapkan segala potensi yang ada. Keberhasilan pemasaran perusahaan ditunjang oleh keberhasilan pemilihan produk yang tepat di harga yang tepat, saluran distribusi yang baik dan promosi yang efektif. Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis: (1) Strategi Bank Syariah Indonesia KCP Bandung Buah Batu dalam memasarkan produk deposito iB pada minat nasabah; (2) Implementasi strategi pemasaran produk deposito iB yang diterapkan Bank Syariah Indonesia KCP Bandung Buah Batu 2 pada minat nasabah; (3) Kendala yang terkait dengan strategi pemasaran produk deposito iB dalam menarik minat nasabah di Bank Syariah Indonesia KCP BandungBuah Batu 2.Kerangka Pemikiran penelitian didasarkan pada teori Philip Kotler yang menyatakan bahwa konsep bauran pemasaran mencakup 4P, yaitu Product, Place, Price, Promotion Sedangkan menurut Boom dan Bitner ditambahkan ke sektor jasa yaitu People, Physics, and Process. Metode yang digunakan dalam penelitian ini, penulis menggunakan analisis deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder yang dikumpulkan dari hasil observasi, dokumen, dan wawancara yang diperoleh langsung oleh peneliti. Dalam penelitian ini penulis menjelaskan tentang strategi pemasaran produk deposito mudharabah pada minat nasabah yang dilakukan oleh Bank Syariah Indonesia KCP Bandung Buah Batu 2. Dalam analisis strategi ini penulis juga menggunakan metode analisis SWOT. Hal ini dilakukan dengan mengidentifikasi kekuatan, kelemahan, peluang, dan ancaman yang ada. Hasil dari penelitian ini adalah strategi yang diterapkan oleh Bank Syariah Indonesia KCP Bandung Buah Batu 2 terdiri dari beberapa hasil analisis SWOT internal dan eksternal yang terbentuk menjadi suatu formulasi strategi seperti: (a) Memanfaatkan media sosial untuk melakukan digital payment (Mobile Banking)khususnya produk Deposito Mudharabah dan mempererat hubungan kerjasama dengan lembaga lain; (b) Mensosialisasikan atau memperkenalkan produk-produk yang ada di Bank Syariah Indonesia KCP Bandung Buah Batu 2 khususnya produk Deposito Mudharabah serta beberapa keunggulan yang dimiliki Bank Syariah Indonesia kepada nasabah dan keunggulan yang terdapat pada produk Deposito Mudharabah; (c) Penguatan kualitas dan kapasitas Sumber Daya Manusia (SDM) dan memperkuat peran FTRM (Funding Transactional Relationship Manager); (d) Mengadakan pelatihan untuk para Sumber Daya Manusia (SDM) yang berbasis digitalisasi yang bisa dilakukan secara online maupun offline.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Strategi; Pemasaran; Deposito; SWOT
Subjects: General Management > Sales Promotion
General Management > Market Research, Market Analysis
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Program Studi Ekonomi Syariah
Depositing User: Kintan Syahlatul Fatimah
Date Deposited: 22 Jul 2022 03:49
Last Modified: 22 Jul 2022 03:49
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/53832

Actions (login required)

View Item View Item