Evaluasi program penyaluran Pupuk bersubsidi melalui kartu Tani di Dinas Pangan dan Pertanian Kabupaten Purwakarta tahun 2017-2021

Alimah, Ghina Mardhiyyah Nur (2022) Evaluasi program penyaluran Pupuk bersubsidi melalui kartu Tani di Dinas Pangan dan Pertanian Kabupaten Purwakarta tahun 2017-2021. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (238kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (200kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (431kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (398kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (503kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (388kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (452kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (212kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (426kB) | Request a copy

Abstract

Program penyaluran pupuk bersubsidi melalui kartu tani merupakan salah satu upaya pemerintah untuk mencegah penyimpangan yang terjadi dalam penyaluran pupuk bersubsidi. Dengan adanya kartu tani diharapkan dapat mewujudkan penyaluran pupuk bersubsidi yang lebih transparan dan tepat sasaran kepada petani yang berhak menerimanya. Namun implementasi penggunaan kartu tani sebagai alat penebusan pupuk bersubsidi di Dinas Pangan dan Pertanian Kabupaten Purwakarta masih terdapat beberapa permasalahan diantaranya rendahnya petani dalam menggunakan kartu tani sebagai alat penebusan pupuk bersubsidi, masih adanya petani yang kurang paham mengenai pemanfaatan dan fungsi kartu tani yang sebenarnya, kurang efektifnya penyelenggaraan sosialisasi dan promosi di tingkat petani oleh para pemangku kepentingan, serta sarana dan prasarana dalam penggunaan kartu tani yang masih perlu dilakukan pembenahan, sehingga pelayanan yang diberikan belum optimal. Maka dalam pelaksanaannya diperlukan evaluasi program untuk menentukan dan mengetahui sejauh mana program tersebut dalam mencapai tujuannya. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui evaluasi context, input, process, dan product pada pelaksanaan program penyaluran pupuk bersubsidi melalui kartu tani di Dinas Pangan dan Pertanian Kabupaten Purwakarta. Penelitian ini menggunakan teori evaluasi program yang dikembangkan oleh Daniel L. Stufflebeam (2000) yang mana menurutnya terdapat empat tahapan evaluasi secara komprehensif dan menyeluruh yaitu evaluasi konteks (context evaluation), evaluasi masukan (input evaluation), evaluasi proses (process evaluation), dan evaluasi produk (product evaluation). Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif yakni menggambarkan atau mendeskripsikan mengenai evaluasi program penyaluran pupuk bersubsidi melalui kartu tani di Dinas Pangan dan Pertanian Kabupaten Purwakarta tahun 2017-2021. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan teknik pengambilan informan menggunakan purposive sampling. Adapun teknik analisis data menggunakan interactive model dari Miles and Huberman yang terdiri dari reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Uji validitas yang digunakan adalah triangulasi sumber. Hasil penelitian menunjukan bahwa pelaksanaan evaluasi program penyaluran pupuk bersubsidi melalui kartu tani di Dinas Pangan dan Pertanian Kabupaten Purwakarta tahun 2017-2021 pada intinya sudah berjalan dengan baik yang terlihat dari dua dimensi, yakni evaluasi konteks dan evaluasi masukan. Namun ada dua dimensi yang belum berjalan dengan baik, dikarenakan masih terdapat hambatan dalam sarana prasarana penggunaan kartu tani. Petani merasa dipersulit dengan adanya kartu tani karena kurangnya pemahaman petani mengenai teknologi. Selain itu pendistribusian kartu tani dari tahun 2017-2021 belum terselesaikan dan belum mencapai 100%.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Evaluasi Program; Pupuk Bersubsidi; Kartu Tani
Subjects: Macroeconomics and Related Topics > Macroeconomics Policy
Public Administration
Public Administration > Public Administration in Specific Localities
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Administrasi Publik
Depositing User: Ghina Mardhiyyah Nur Alimah
Date Deposited: 22 Jul 2022 02:05
Last Modified: 22 Jul 2022 02:05
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/53825

Actions (login required)

View Item View Item