Problematika pembelajaran Bahasa Arab berbasis E-Learning pada masa pandemi Covid-19 : Penelitian di MTs Darul Amira Kabupaten Ciamis

Nawawi, Nanang Irfan (2021) Problematika pembelajaran Bahasa Arab berbasis E-Learning pada masa pandemi Covid-19 : Penelitian di MTs Darul Amira Kabupaten Ciamis. Masters thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (241kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (229kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_Daftar Isi.pdf

Download (276kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_Bab 1.pdf

Download (404kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_Bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (560kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_Bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (318kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_Bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (779kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_Bab 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (295kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (319kB) | Request a copy

Abstract

Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) saat ini menjadi masalah kesehatan dunia, begitu pula pada dunia pendidikan, menuntut para pendidik untuk melakukan adaptasi dalam waktu yang singkat dan harus bisa untuk selalu berinovasi, membuat strategi cara mengajar yang menyenangkan agar materi yang diajarkan tetap dapat tersampaikan dengan baik ke para siswa. Berdasarkan hal tersebut maka penelitian ini bertujuan untuk 1) untuk mengetahui Pembelajaran Bahasa Arab berbasis e-learning pada masa pandemi Covid-19 di Sekolah Menengah Pertama (MTs) Darul Amira kabupaten Ciamis; 2) untuk mengetahui problematika apa saja yang muncul pada pembelajaran bahasa Arab berbasis e-learning pada masa pandemic Covid-19 di Sekolah Menengah Pertama (MTs) Darul Amira Kabupaten Ciamis; 3) untuk mengetahui upaya-upaya guru untuk mengatasi problematika pembelajaran bahasa Arab berbasis e-learning pada masa pandemi Covid-19 di Sekolah Menengah Pertama (MTs) Darul Amira Kabupaten Ciamis. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis kualitatif deskriptif analitis dan hasilnya digambarkan dengan kata-kata menurut kategori untuk memperoleh kesimpulan. Tempat penelitian di Sekolah Menengah Pertama (MTs) Darul Amira Ciamis, dengan subjek penelitian adalah guru bahasa Arab dan informan penelitian adalah kepala sekolah dan siswa kelas VII di Sekolah Menengah Pertama (MTs) Darul Amira Ciamis. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) proses pembelajaran bahasa Arab yang terjadi pada masa pandemi Covid-19 dilakukan secara daring menggunakan media WhatApp, Zoom, dan Youtube; 2) problematika yang muncul ketika pembelajaran berbasis e-learning berasal dari guru, siswa, maupun dari sarana pendukung; dan 3) upaya yang dilakukan guru adalah dengan selalu memberikan dorongan dan motivasi kepada siswa, memilih media yang efektif dan menyampaikan materi dengan cara yang menyenangkan.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: problematika; E-Learning; Covid-19
Subjects: Bahasa Arab
Education
Divisions: Pascasarjana Program Magister > Program Studi Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Nanang Irfan Nawawi
Date Deposited: 22 Jul 2022 07:22
Last Modified: 22 Jul 2022 07:22
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/53809

Actions (login required)

View Item View Item