Bimbingan parenting untuk meningkatkan pemahaman orang tua mengenai cara pengasuhan anak di SD Darul Hikam 2 Rancaekek: Penelitian pada orang tua/wali murid di SD Darul Hikam 2 Rancaekek Kabupaten Bandung

Nursukmawati, Sari (2022) Bimbingan parenting untuk meningkatkan pemahaman orang tua mengenai cara pengasuhan anak di SD Darul Hikam 2 Rancaekek: Penelitian pada orang tua/wali murid di SD Darul Hikam 2 Rancaekek Kabupaten Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (216kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (203kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (628kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (380kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (658kB)
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (767kB)
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (318kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (427kB)

Abstract

Pemenuhan tugas perkembangan anak merupakan hal yang penting dalam proses perkembangan pada anak, bagi anak pada usia 6-12 tahun atau anak pada usia sekolah dasar ini masih membutuhkan bimbingan dari orang tua dalam memenuhi tugas perkembangannya. Oleh karena itu di SD Darul Hikam 2 Rancaekek mengadakan sebuah layanan yaitu bimbingan parenting yang diberikan kepada orang tua siswa untuk membantu siswa dalam memenuhi tugas perkembangan anak melalui perantara orang tua. Dengan adanya layanan ini, orang tua siswa mendapatkan banyak informasi mengenai ilmu parenting dari sumber yang tepat sehingga orang tua siswa dapat menghadapi berbagai kondisi pada proses pengasuhan anak terutama dalam membantu anak dalam memenuhi tugas perkembangannya. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui dan menjabarkan program pada layanan bimbingan parenting untuk meningkatkan pemahaman orang tua mengenai tugas perkembangan anak di SD Darul Hikam 2 Rancaekek, selain itu juga untuk mengetahui proses pelaksanaan bimbingan parenting untuk meningkatkan pemahaman orang tua mengenai tugas perkembangan anak di SD Darul Hikam 2 Rancaekek, dan untuk mengetahui hasil dari bimbingan parenting untuk meningkatkan pemahaman orang tua mengenai tugas perkembangan anak di SD Darul Hikam 2 Rancaekek. Metode dalam penelitian ini menggunakan kualitatif dengan pendekatan analisis deskriptif. Dalam penelitian ini, pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara, dokumentasi, dan angket. Untuk menentukan keberhasilan dalam proses bimbingan parenting, maka peneliti mengukur kemampuan orang tua dengan mengajukan beberapa pertanyaan tertutup yang berkaitan dengan tugas perkembangan anak. Penelitian ini berlandaskan pada teori bimbingan kelompok menurut Damayanti bahwa beberapa individu dapat memperoleh materi dari konselor secara bersamaan untuk dijadikan patokan dalam pengambilan keputusan, dan teori tugas perkembangan anak menurut Robert J. Havighurst yang menjabarkan kebutuhan anak pada usia sekolah dasar yang harus dipenuhi. Berdasarkan hasil penelitian bimbingan parenting untuk meningkatkan pemahaman orang tua mengenai tugas perkembangan anak ini dapat diketahui bahwa dengan adanya layanan ini dapat membantu orang tua untuk meningkatkan pengetahuan mengenai parenting skill dan dapat membantu orang tua siswa yang memiliki permasalahan dalam proses pengasuhan anak.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Bimbingan Parenting; Perkembangan Anak
Subjects: Educational Institutions, Schools and Their Activities
Educational Institutions, Schools and Their Activities > Student Guidance and Counseling
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Bimbingan Konseling Islam
Depositing User: Sari Nursukmawati
Date Deposited: 21 Jul 2022 05:04
Last Modified: 21 Jul 2022 05:04
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/53734

Actions (login required)

View Item View Item