Pengaruh rata-rata upah minimum nasional dan penyaluran dana zakat terhadap tingakat kemiskinan di Indonesia periode 2010-2020

Putra, Aldi Tian Rohmana (2022) Pengaruh rata-rata upah minimum nasional dan penyaluran dana zakat terhadap tingakat kemiskinan di Indonesia periode 2010-2020. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (19kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (192kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFRAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (150kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (406kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (619kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (325kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (456kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (191kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (326kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini di latarbelakangi oleh kondisi ekonomi makro yang terjadi di Indonesia dan keterkaitannya dalam mengurangi tingkat kemiskinan. Variabel upah minimum nasional sebagai X1 di ambil karena upah minimum mengalami kenaikan setiap tahunnya berdasarkan beberapa indikator ekonomi makro yang berdampak pada kesejahteraan para pekerja/ buruh melalui pendapatan yang didapat dati hasil jasa/pekerjaan yang sudah di lakukan. Variabel penyaluran dana zakat sebagai X2 di ambil karena zakat merupakan salah satu instrument keuangan publik Islam dan bersifat tolong menolong terhadap kaum miskin. Zakat berhubungan dengan kesejahteraan karena dapat membantu masyarakat kurang mampu melalui tambahan pendapatan yang mereka dapatkan melalui mekanisme zakat. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh Upah Minimum Nasional (UMN) secara parsial terhadap tingkat kemiskinan di Indonesia periode 2010-2020, untuk mengetahui pengaruh secara parsial penyaluran dana zakat tingkat kemiskinan di Indoensia periode 2010-2020 dan yang terakhir untuk mengetahui pengaruh secara simultan antara UMN dan penyaluran dana zakat terhadap tingkat kemiskinan di Indonesia periode 2010-2020. Teori yang digunakan pada penelitian ini terdapat pengaruh dan tidak terdapat pengaruh. UMN memiliki pengaruh secara parsial terhadap tingkat kemiskinan, artinya jika UMN mengalami kenaikan maka akan mengalami punurunan pada kemiskinan begitu pula sebaliknya. Begitu pula dengan pengaruh penyaluran zakat terhadap tingkat kemiskinan berpengaruh secara parsial terhadap tingkat kemiskinan, artinya, jika penyaluran dana zakat meningkat maka akan menurunkan kemiskinan. Metode penelitian ini menggunakan yaitu metode deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Data yang diperoleh yaitu data skunder yang didapat dari situs resmi Badan Pusat Statistik (BPS) dan Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) periode 2010-2020. Teknik analisis data yang digunakan yaitu dengan menggunakan analisis asosiatif yaitu regresi sederhana dan berganda, kolerasi sederhana pearson product moment, serta analisis uji hipotesis menggunakan uji t dan uji f. Pada penelitian ini diperoleh hasil 1). Secara parsial variabel UMN (X1) berpengaruh secara signifikan terhadap tingkat kemiskinan (Y), dengan nilai t hitung sebesar -7,16. 2). Hasil penelitian secara parsial penyaluran dana zakat (X2) signifikan terhadap tingkat kemiskinan (Y), dengan nilai t hitung sebesar -4,25. 3). Dilihat secara simultan, variabel UMN dan variabel penyaluran dana zakat berpengaruh secara signifikan terhadap tingkat kemiskinan, dengan nilai uji F sebesar 22,885.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Upah Minimum Nasional; Penyaluran Dana Zakat; Tingkat Kemiskinan
Subjects: Islam
Islam > Islam and Economics
Econmics
Labor Economics
Production, Industrial Economics > Economic Development and Growth
Production, Industrial Economics > International Economic Development In Specific Localities
Production, Industrial Economics > International Economic Development In Indonesia
Macroeconomics and Related Topics > Macroeconomics Policy
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Program Studi Ekonomi Syariah
Depositing User: Aldi Tian Rohmana Putra
Date Deposited: 21 Jul 2022 04:59
Last Modified: 21 Jul 2022 04:59
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/53713

Actions (login required)

View Item View Item