keikutsertaan siswa dalam pembelajaran di Madrasah Diniyah hubungannya dengan prestasi belajar mereka pada mata pelajaran pendidikan Agama Islam Dan budi pekerti : Penelitian korelasional pada siswa kelas VIII SMPN 1 Jatinangor-Sumedang

Arivin, Sita Nurul Hidayati (2022) keikutsertaan siswa dalam pembelajaran di Madrasah Diniyah hubungannya dengan prestasi belajar mereka pada mata pelajaran pendidikan Agama Islam Dan budi pekerti : Penelitian korelasional pada siswa kelas VIII SMPN 1 Jatinangor-Sumedang. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (52kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (126kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (66kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (227kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (345kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (310kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (268kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (129kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (199kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini berlatar belakang berdasar tujuan dari pendirian Madrasah Diniyah yakni untuk melengkap,memperkaya, dan memperdalam ilmu agama Islam, oleh karena itu Madrasah Diniyah ini hadir untuk membantu anak lebih memahami dalam mata pelajaran PAI, sehingga siswa yang ikut serta belajar pengajian di Madrasah Diniyah akan mempelajari keilmuan tentang Agama yang lebih banyak dari siswa yang tidak ikut serta, sehingga menjadikan mereka akan lebih memahami ilmu agama sehingga prestasi mereka pada mata pelajaran PAIB meningkat. Kenyataannya para siswa yang memasuki usia SMP banyak yang tidak ikut serta dalam pengajian di Madrasah Diniyah ada juga yang mengikutinya, Oleh karena itu peneliti tertarik meneliti tentang keikutsertaan siswa mengikuti pengajian di Madrasah Diniyah hubungannya dengan prestasi belajar mereka pada mata pelajaran PAI. Tujuan penelitian ini untuk menganalisis tingkat keikutsertaan siswa SMPN 1 Jatinangor dalam mengikuti pengajian di madrasah Diniyah, Mengetahui bagaimana prestasi belajar PAIB siswa yang mengikuti pengajian di Madrasah Diniyah di SMPN 1 Jatinangor dan mengetahui bagaimana hubungan keikutsertaan siswa dalam pengajian di madrasah Diniyah dengan prestasi belajarnya pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam. Berdasarkan teori yang ada bahwa prestasi belajar mata pelajaran Pendidikan Agama Islam salah satunya di pengaruhi oleh adanya keikutsertaan siswa mengikuti pengajian di Madrasah Diniyah . Hipotesis pada penelitian ini bahwa semakin tinggi keikutsertaan siswa mengikuti pengajian Madrasah Diniyah maka semakin baik pula prestasi belajar mata pelajaran Pendidikan Agama Islam. Langkah-langkah penelitian ini adalah pertama melaksanakan pendekatan kuantitatif dengan metode asosiatif korelatif, menggunakan responden sebanyak 40 orang siswa kelas VIII SMPN 1 Jatinangor yang mengikuti pembelajaran Madrasah Diniyah dengan pengailan sampel Teknik purposive sumpling, menggunakan alat pengumpulan data yakni observasi, angket, dokumentasi dan metode tes dan menganalisis data kualitatif menggunakan pendekatan logika dan analisis kauntitatif menggunakan pendekatan statistik dengan menempuh analisis parsial,uji normalitas dan analisis korelasi menggunakan aplikasi SPSS. Hasil penelitian menunjukkan pertama tingkat keikutsertaan siswa mengikuti pengajian Madrasah Diniyah termasuk kategori tinggi dengan skor angket 4,06 yang berada pada interval 3,40 – 4,19. 2, kedua prestasi belajar mata pelajaran PAIB termasuk kategori baik dengan skor rata-rata 84,39 yang berada pada rentang 76-85 dan hubungan antara keikutsertaan siswa mengikuti pembelajaran Madrasah Diniyah dengan prestasi belajar mata pelajaran Pendidikan Agama Islam berada pada kategori cukup atau sedang berdasarkan nilai koefisien korelasi sebesar 0,449 yang berada pada interval 0,40 – 0,69 dan kadar sebesar 20,2%

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: keikusertaaan pembelajaran; prestasi belajar; siswa; pendidikan agama Islam
Subjects: Associations for Religions Work
Education > Organization of Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Sita Nurul Hidayati Arivin
Date Deposited: 21 Jul 2022 01:42
Last Modified: 21 Jul 2022 01:42
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/53712

Actions (login required)

View Item View Item