Pengaruh Current Ratio (CR) Dan Debt To Assets Ratio (DAR) terhadap Return On Assets (ROA) pada perusahaan yang terdaftar Di Jakarta Islamic Index (JII): Studi di PT. Indocement Tunggal Prakarsa Tbk periode 2012-2021

Lestari, Putri Sri (2022) Pengaruh Current Ratio (CR) Dan Debt To Assets Ratio (DAR) terhadap Return On Assets (ROA) pada perusahaan yang terdaftar Di Jakarta Islamic Index (JII): Studi di PT. Indocement Tunggal Prakarsa Tbk periode 2012-2021. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (17kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (32kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (198kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab 1.pdf

Download (471kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (907kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (410kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (873kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (226kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (257kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh keinginan investor yang dapat ber-investasi sesuai syariah. Kemudian hadir JII sebagai pemandu bagi investor yang ingin menamkan modalnya secara syariah. Adapun sebelum melakukan investai seorang investor perlu mengumpulkan informasi perusahaan melalui kinjera keuangan perusahaan yang dapat diteliti melalu analisis laporan keuangan. Peneliti menggunakan analisis rasio keuangan dengan menggunakan Current Ratio (CR) dan Debt to Assets Ratio (DAR) sebagai variabel bebas serta Return On Assets (ROA) sebagai variabel terikat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) adakah pengaruh Current Ratio (CR) secara parsial terhadap Return On Assets (ROA) pada PT. Indocement Tunggal Prakarsa Tbk, 2) adakah pengaruh Debt to Assets Ratio (DAR) secara parsial terhadap Return On Assets (ROA) pada PT. Indocement Tunggal Prakarsa Tbk, dan 3) adakah pengaruh Current Ratio (CR) dan Debt to Assets Ratio (DAR) secara simultan terhadap Return On Assets (ROA) pada PT. Indocement Tunggal Prakarsa Tbk. Kerangka pemikiran yang digunakan antara Current Ratio (CR) dan Debt to Assets Ratio (DAR) berpengaruh negatif terhadap Return On Assets (ROA) atau berbanding terbalik. Artinya apabila Current Ratio (CR) dan Debt to Assets Ratio (DAR) mengalami kenaikan maka Return On Assets (ROA) mengalami penurunan. Begitupun sebaliknya, apabila Current Ratio (CR) dan Debt to Assets Ratio (DAR) mengalami penurunan maka Return On Assets (ROA) akan mengalami kenaikan. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif melalui pendekatan kuantitatif. Teknik analisis data yang digunkan dalam penelitian ini adalah analisis regresi berganda, analisis korelasi pearson product moment (PPM), analisis koefisien determinasi dan analisis uji hipotesis (uji t dan uji F). Kemudian data yang digunkan adalah data sekunder yang diperoleh dari laporan keuangan tahunan yang dipublikasi oleh PT. Indocement Tunggal Prakarsa Tbk. periode 2012-2021. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa secara parsial terdapat pengaruh signifikan Current Ratio (CR) terhadap Return On Assets (ROA) yang ditunjukkan oleh hasil uji t diperoleh nilai thitung > ttabel atau 6,222 > 2,306. Sementara itu, hasil berbeda ditunjukkan oleh Debt to Assets Ratio (DAR) yang tidak memiliki pengaruh signifikan terhadap Return On Assets (ROA) dengan nilai thitung sebesar 1,583. Kemudian secara simultan Current Ratio (CR) dan Debt to Assets Ratio (DAR) berpengaruh signifikan terhadap Return On Assets (ROA) sebesar 91,1%, dengan korelasi yang sangat kuat sebesar 0,955 dan nilai Fhitung > Ftabel atau 36,016 > 4,74.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Current Ratio; Debt to Assets Ratio; Return On Assets
Subjects: Administration of Economy > Administration of Financial Institutions
Accounting > Financial Reporting
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Program Studi Manajemen Keuangan Syariah
Depositing User: Putri Sri Lestari
Date Deposited: 21 Jul 2022 06:04
Last Modified: 21 Jul 2022 06:04
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/53692

Actions (login required)

View Item View Item