Optimalisasi sistem pelayanan masjid dalam memberikan kepuasan bagi Jjamaah : Studi deskriptif di Masjid Besar Cipaganti Kecamatan Sukajadi Kota Bandung

Maryam, Siti (2022) Optimalisasi sistem pelayanan masjid dalam memberikan kepuasan bagi Jjamaah : Studi deskriptif di Masjid Besar Cipaganti Kecamatan Sukajadi Kota Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
COVER .pdf

Download (59kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (45kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
DAFTAR ISI.pdf

Download (63kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (226kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (280kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (316kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (56kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (72kB) | Request a copy

Abstract

Sebagai rumah Allah, tentunya masjid menyediakan sarana dan prasarana yang dapat membuat jamaah nyaman ketika berada di dalamnya. Peneliti kerap kali mengunjungi Masjid Besar Cipaganti dengan mengamati aspek pelayanan yang dapat memberikan kepuasan bagi jamaah. Kepuasan jamaah dilihat dari aspek tangible, reliability, responsiveness, assurance dan empathy. Dari kelima aspek pelayanan itu didapat data awal mengenai pelayanan dalam memberikan kepuasan kepada jamaah yang menunjukkan bahwa Masjid Besar Cipaganti dinilai sangat terjaga kebersihannya dan fasilitas sarana dan prasarana sudah memadai. Maka dari itu peneliti merasa tertarik untuk meneliti lebih lanjut mengenai aspek pelayanan yang diberikan pengurus dalam memberikan kepuasan bagi jamaah. Tujuan dari penelitian ini yaitu; (1) Untuk mengetahui tangible pelayanan di Masjid Besar Cipaganti dalam memberikan kepuasan bagi jamaah; (2) Untuk mengetahui reliability di Masjid Besar Cipaganti dalam memberikan kepuasan bagi jamaah; (3) Untuk mengetahui responsiveness di Masjid Besar Cipaganti dalam memberikan kepuasan bagi jamaah; (4) Untuk mengetahui assurance di Masjid Besar Cipaganti dalam memberikan kepuasan bagi jamaah; (5) Untuk mengetahui empathy di Masjid Besar Cipaganti dalam memberikan kepuasan bagi jamaah. Pelayanan merupakan proses dalam menyediakan sesuatu yang dibutuhkan orang lain. sedangkan Kepuasan yang dimaksud yakni rasa senang atau kecewa seseorang terhadap pelayanan yang didapat. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan metode deskriptif. Teknik pengumpulan yang peneliti gunakan yakni observasi, wawancara dan studi dokumentasi sebagai bukti adanya pelayanan di Masjid Besar Cipaganti. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan di Masjid Besar Cipaganti mengenai optimalisasi sistem pelayanan masjid dalam memberikan kepuasan bagi jamaah dapat disimpulkan bahwa; (1) tangible yang diberikan oleh pengurus yaitu selalu menjaga kebersihan masjid, menyediakan fasilitas yang memadai dan masjid sudah menggunakan teknologi seperti website masjid dan media sosial; (2) reliability yang dilakukan oleh pengurus yakni menyediakan pelayanan dengan cepat dan cermat, menerapkan standar pelayanan yang baik serta keahlian pengurus dalam hal teknologi ini masih banyak belajar; (3) responsiveness yang dilakukan oleh pengurus yakni melakukan pekerjaan dengan baik seperti menyiapkan peralatan kajian, merespon setiap jamaah seperti memberikan bantuan dan menerima masukan atau keluhan dari jamaah; (4) Assurance yang diberikan oleh pengurus yakni menyediakan sistem keamanan, menunjukkan sikap ramah tamah serta memberikan kualitas kemampuan pengurus yang baik sehingga dapat menjamin jamaah ketika berada di masjid; (5) emphaty yang diberikan oleh pengurus yakni memprioritaskan kebutuhan jamaah serta tidak membeda-bedakan dalam melayani jamaah.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Optimalisasi Pelayanan; Masjid; Kepuasan Jamaah
Subjects: Islam > Mosques
General Management > General Publications of Management
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Manajemen Dakwah
Depositing User: Siti Maryam
Date Deposited: 21 Jul 2022 02:26
Last Modified: 21 Jul 2022 02:26
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/53691

Actions (login required)

View Item View Item