Pengaruh Inventory Turnover (ITO) dan Working Capital Turnover (WCTO) terhadap Net Profit Margin (NPM) pada perusahaan yang terdaftar di Indeks Saham Syariah Indonesia (ISSI): Studi di PT.Salim Ivomas Pratama Tbk. Periode 2012-2021

Rahma, Hadiyanti Aulia (2022) Pengaruh Inventory Turnover (ITO) dan Working Capital Turnover (WCTO) terhadap Net Profit Margin (NPM) pada perusahaan yang terdaftar di Indeks Saham Syariah Indonesia (ISSI): Studi di PT.Salim Ivomas Pratama Tbk. Periode 2012-2021. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (15kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (83kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (211kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (182kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (375kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (286kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (691kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (119kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (187kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi untuk melihat efektifitas kinerja perusahaan dalam meningkatkan laba dan menilai keefektifan modal kerja perusahaan dalam periode waktu tertentu. Untuk memperoleh laba yang besar maka perusahaan harus melakukan pengelolaan bisnisnya dengan lebih baik dari mulai perputaran persediaan, perputaran modal kerja untuk menghasilkan laba yang besar. Tingkat Inventory Turnover (ITO) dan Working Capital Turnover (WCTO) sangat erat hubungannya dengan Net Profit Margin (NPM) atau laba pada perusahaan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh 1) Inventory Turnover (ITO) secara parsial terhadap Net Profit margin (NPM). 2) pengaruh Working Capital Turnover (WCTO) secara parsial terhadap Net Profit Margin (NPM). 3) pengaruh Inventory Turnover (ITO) dan Working Capital Turnover (WCTO) secara simultan terhadap Net Profit Margin (NPM) pada PT. Salim Ivomas Pratama Tbk. periode 2012-2021. Kerangka pemikiran menunjukan bahwa terdapat pengaruh antara Inventory Turnover dan Working Capital Turnover tehadap Net Profit Margin. Apabila Inventory Turnover dan Working Capital Turnover mengalami peningkatan maka Net Profit Margin akan mengalami peningkatan pula. Namun Net Profit Margin juga dapat dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak dijadikan variabel penelitian yang diteliti. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kuantitatif, jenis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data sekunder yang telah diaudit dan dipublikasikan milik PT. Salim Ivomas Pratama Tbk. Periode 2021-2021 yang dipublikasikan pada website https://www.simp.co.id/. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi linier sederhana, analisis regresi berganda, analisis korelasi product moment Pearson, koefisien determinasi, dan analisis hipotesis. Pengelolaan data uji parsial (uji-t) dan uji signifikansi simultan (uji-f). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa, secara parsial Inventory Trunover (ITO) tidak berpengaruh signifikan terhadap Net Profit Margin (NPM) dibuktikan dengan nilai thitung dan ttabel yaitu 0,822 ≤ 2,306. Secara parsial Working Capital Turnover (WCTO) memiliki pengaruh signifikan terhadap Net Profit Margin (NPM) diperoleh bahwa uji t yaitu thitung dan ttabel yaitu 4.331 ≥ 2,306. Secara simultan Inventory Turnover (ITO) dan Working Capital Turnover (WCTO) berpengaruh signifikan secara simultan terhadap Net Profit Margin (NPM) dibuktikan dengan nilai fhitung > ftabel 14,957 ≥ 4,74.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Inventory Turnover (ITO); Working Capital Turnover (WCTO); Net Profit Margin (NPM)
Subjects: Econmics
Accounting
General Management
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Program Studi Akuntansi Syariah
Depositing User: Hadiyanti Aulia Rahma
Date Deposited: 21 Jul 2022 01:52
Last Modified: 21 Jul 2022 01:52
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/53681

Actions (login required)

View Item View Item