Dialog keagamaan dalam acara Halaqah Damai: Analisis atas praktik dialog keagamaan peserta acara Halaqah Damai

Islam, Raja Cahaya (2022) Dialog keagamaan dalam acara Halaqah Damai: Analisis atas praktik dialog keagamaan peserta acara Halaqah Damai. [UNSPECIFIED] (Unpublished)

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (175kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (215kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (46kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 1)
4_bab1.pdf

Download (300kB) | Preview
[img] Text (BAB 2)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (324kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (155kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (521kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (106kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (183kB) | Request a copy

Abstract

Halaqah Damai merupakan salah satu ruang dialog keagamaan yang menawarkan konsep dan sikap dialog keagamaan baru untuk merespon heterogenitas agama yang ada. Konsep baru yang ditawarkan adalah Integritas Terbuka. Idealnya peserta yang tergabung di Halaqah Damai memiliki dan meningternalisasi konsep tersebut, akan tetapi fakta menunjukan sebaliknya. Berdasarkan fakta itulah penelitian ini dilakukan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis praktik dialog keagamaan peserta Halaqah Damai. Secara spesifik tujuan penelitian ini terdiri dari: pertama, menganalisis sikap dialog keagamaan para peserta Halaqah Damai. Kedua, menganalisis hambatan internalisasi Integritas Terbuka pada para peserta Halaqah Damai. Ketiga, menganalisis prinsip yang memungkinkan pluralitas sikap dialog keagamaan sehingga dialog keagamaan terjadi di Halaqah Damai. Untuk mencapai tujuan itu, penelitian ini menggunakan teori dari John Hick dan Gerardette Philips untuk menganalisis sikap dialog keagamaan, sedangkan untuk menganalisis konsep dialog keagamaan digunakan teori dialog keagamaan Raimon Panikkar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data terdiri dari: observasi, wawancara dan dokumentasi. Sample penelitian berjumlah 22 orang, yang terdiri dari 13 peserta (yang terklasifikasi berdasarkan tipologi sikap dialog keagamaan), 6 panitia dan 3 pemateri. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa para peserta Halaqah Damai memiliki pluralitas sikap dialog keagamaan, yang terdiri dari eksklusivisme, inklusivisme, pluralisme dan integritas terbuka. Keragaman sikap itu terjadi karena terdapat dua hambatan, yakni akses atas integritas terbuka dan juga kerumitan konsep integritas terbuka. Namun, meskipun para peserta memiliki sikap dialog yang berbeda, mereka mempunyai titik temu prinsip-prinsip dan nilai-nilai yang sama, yang memungkinkan mereka bisa berdialog.

Item Type: UNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Hambatan Internalisasi Integritas Terbuka;Kesamaan Prinsip dan Nilai Dialog Keagamaan;Pluralitas Sikap Dialog Keagamaan
Subjects: Religious Ethics
Divisions: Pascasarjana Program Magister > Program Studi Studi Agama Agama
Depositing User: Raja Cahaya Islam
Date Deposited: 20 Jul 2022 10:16
Last Modified: 20 Jul 2022 10:16
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/53680

Actions (login required)

View Item View Item