Pengaruh Net Profit Margin (NPM) dan Debt to Equity Ratio (DER) terhadap Earning Per Share (EPS) pada PT. Bukit Asam Tbk periode 2011-2021.

Amani, Syifa Salsabila (2022) Pengaruh Net Profit Margin (NPM) dan Debt to Equity Ratio (DER) terhadap Earning Per Share (EPS) pada PT. Bukit Asam Tbk periode 2011-2021. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (13kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (23kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (112kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (322kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (614kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (259kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (564kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (68kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (167kB) | Request a copy

Abstract

Earning Per Share merupakan salah satu alat ukur yang digunakan untuk mengukur seberapa besar keberhasilan perusahaan dalam memperoleh keuntungan yang dibagikan kepada para pemegang saham sesuai dengan proporsi kepemilikan saham tersebut. Kinerja perusahaan yang baik akan memberikan keuntungan dan kesejahteraan bagi para pemegang sahamnya. Rasio yang digunakan oleh peneliti untuk mengukur pencapaian profitabilitas dan solvabilitas dalam suatu perusahaan antara lain Net Profit Margin dan Debt to Equity Ratio. Menurut teori Net Profit Margin naik dan Debt to Equity Ratio turun maka hal tersebut dapat meningkatkan nilai Earning Per Share (EPS) hal ini disebabkan karena apabila Net Profit Margin besar dan Debt to Equity Ratio rendah maka laba yang didapatkan akan optimal. Penelitian ini bertujuan 1) Untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh Debt to Equity Ratio (DER) terhadap Earning Per Share (EPS); 2) Untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh Net Profit Margin (NPM) dan Debt to Equity Ratio (DER) terhadap Earning Per Share (EPS); 3) Untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh Net Profit Margin (NPM) dan Debt to Equity Ratio (DER) terhadap Earning Per Share (EPS). Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Data yang digunakan merupakan data sekunder yang diperoleh dan diublikasikan oleh PT. Bukit Asam Tbk Periode 2011-2021. Penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling untuk pengambilan sample, teknik yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji asumsi klasik, analisis deskriptif, analisis uji asosiatif berupa regresi linier berganda, uji korelasi, koefisien determinasi, dan pengujian hipotesis berupa Uji t dan Uji f. Hasil penelitian uji statistik menunjukkan bahwa; 1) Net Profit Margin secara parsial berpengaruh positif tidak signifikan terhadap Earning Per Share dengan besar pengaruh koefisien regresi sederhana Y = 0,332 + (2,042)X1 dan estimasi model sebesar 11,8%; 2) Debt to Equity Ratio secara parsial berpengaruh positif tidak signifikan terhadap Earning Per Share dengan besar pengaruh koefisien regresi sederhana Y = 0,453 + (0,536)X2 dan estimasi model sebesar 4,8%; 3) Net Profit Margin dan Debt to Equity Ratio secara simultan berpengaruh tidak signifikan terhadap Earning Per Share dengan besar pengaruh koefisien regresi berganda Y = -0,616 + (2,910)X1 + (0,503)X2 dan estimasi model sebesar 13,6%.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Debt to Equity Ratio; Earning Per Share; Net Profit Margin
Subjects: Accounting > Financial Reporting
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Program Studi Manajemen Keuangan Syariah
Depositing User: Syifa Salsabila Amani
Date Deposited: 25 Jul 2022 08:16
Last Modified: 25 Jul 2022 08:16
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/53679

Actions (login required)

View Item View Item