Pengaruh E-Learning berbasis Edlink terhadap peningkatan kemampuan berpikir kritis matematik siswa: Penelitian kuasi eksperimen di SMP N 1 Cileunyi

Damayanti, Elfira (2022) Pengaruh E-Learning berbasis Edlink terhadap peningkatan kemampuan berpikir kritis matematik siswa: Penelitian kuasi eksperimen di SMP N 1 Cileunyi. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (138kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_Abstrak.pdf

Download (200kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_Daftarisi.pdf

Download (202kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (708kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (406kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (894kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (153kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_DaftarPustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (181kB) | Request a copy

Abstract

E-Learning berbasis edlink merupakan salah satu media pembelajaran yang dapat digunakan dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis matematis yang dimiliki oleh siswa. Tujuan dari dilakukannya penelitian ini adalah untuk terhadap penggunaan e-learning berbasis edlink dalam pembelajaran. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Quasi Eksperimen dengan desain penelitian Nonequivalent Control Group Design. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP N 1 Cileunyi, dengan masing - masing 20 orang siswa dari kelas VIII.A dan VIII.B sebagai sampel yang dipilih melalui teknik purposive sampling. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini diantaranya adalah: Berdasarkan uji hipotesis t’ diperoleh hasil t'_hitung(4,03) > nilai t' tabel (2,09) yang berarti terdapat perbedaan peningkatan kemampuan berpikir kritis matematis antara siswa kelas eksperimen dan kelas kontrol, Terdapat pengaruh besar dari penggunaan e-learning berbasis edlink terhadap kemampuan berpikir kritis matematis siswa, jika dipersentasikan mencapai 90%, dengan kata lain pengaruh penggunaan e-learning berbasis edlink dalam pembelajaran lebih baik dibandingkan penggunan pembelajaran konvensional terhadap peningkatan kemampuan berpikir kritis matematis siswa, dan Sebesar 42,45% dari 20 siswa memberikan respon yang positif terkait proses pembelajaran yang dilakukan yaitu penggunaan e-learning berbasis edlink dalam pembelajaran.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: E-Learning; Edlink; Berpikir Kritis
Subjects: Education > Research and Statistical Methods
Educational Institutions, Schools and Their Activities > Teaching
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Matematika
Depositing User: Elfira Damayanti
Date Deposited: 20 Jul 2022 08:24
Last Modified: 20 Jul 2022 08:24
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/53669

Actions (login required)

View Item View Item