Pengaruh hasil investasi dan risk based capital terhadap surplus (defisit) underwriting dana tabarru' pada perusahaan asuransi jiwa syariah: Studi di PT. Asuransi Sinarmas Syariah periode 2012-2021

Ramadhani, Vini Alfitriyani (2022) Pengaruh hasil investasi dan risk based capital terhadap surplus (defisit) underwriting dana tabarru' pada perusahaan asuransi jiwa syariah: Studi di PT. Asuransi Sinarmas Syariah periode 2012-2021. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (167kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (255kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (301kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (538kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (899kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (485kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (973kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (305kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (335kB) | Request a copy

Abstract

Surplus (Defisit) Underwriting adalah selisih lebih atau kurang total kontribusi peserta ke dalam dana tabarru dikurangi pembayaran santunan/klaim/manfaat, kontribusi reasuransi dan kenaikan penyisihan teknis dalam satu periode tertentu. Underwriting dana tabarru merupakan salah satu tolak ukur yang dapat menunjukkan bagaimana pengelolaan dana peserta pada perusahaan asuransi syariah tersebut. Salah satu faktor yang mempengaruhi Surplus (Defisit) Underwriting Dana Tabarru adalah Hasil Investasi dan Risk based Capital. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh Hasil Investasi secara parsial terhadap Surplus (Defisit) Underwriting Dana Tabarru; mengetahui apakah ada pengaruh Risk Based Capital secara parsial terhadap Surplus (Defisit) Underwriting Dana Tabarru; dan mengetahui besarnya pengaruh Hasil Investasi dan Risk Based Capital secara simultan terhadap Surplus (Defisit) Underwriting Dana Tabarru’ pada PT Asuransi Sinarmas Syariah Periode 2012-2021. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Data yang digunakan adalah data sekunder yang diperoleh dari laporan keuangan yang dipublikasikan oleh PT Asuransi Sinarmas Syariah Periode 2012-2021. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis deskriptif, analisis uji asumsi klasik (uji normalitas, uji multikolinearitas, uji heteroskedastisitas dan uji autokorelasi), analisis uji asosiatif (analisis regresi linier, analisis korelasi dan analisis koefisien determinasi) serta analisis uji hipotesis (uji signifikansi parsial (uji T) dan uji signifikansi simultan (uji F). Hasil penelitian menunjukan bahwa secara parsial Hasil Investasi tidak berpengaruh signifikan terhadap Surplus (Defisit) Underwriting Dana Tabarru yang dibuktikan dengan nilai uji t sebesar 0,713. Pada variabel Risk Based Capital secara parsial tidak berpengaruh signifikan terhadap Surplus (Defisit) Underwriting Dana Tabarru yang dibuktikan dengan nilai uji t sebesar -0,347. Kemudian secara simultan diperoleh hasil koefisien determinasi sebesar 11,4% artinya Ho ditolak dan Ha diterima. Hal ini berarti Hasil Investasi dan Risk Based Capital tidak berpengaruh signifikan terhadap Surplus (Defisit) Underwriting Dana Tabarru’.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Investasi; Risk Based Capital; Surplus (Defisit) Underwriting; Dana Tabarru'.
Subjects: Insurance > Old Age, Death, Illness, Injury Insurance
Insurance > Liability Insurance
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Program Studi Manajemen Keuangan Syariah
Depositing User: Vini Alfitriyani Ramadhani
Date Deposited: 22 Jul 2022 01:19
Last Modified: 22 Jul 2022 01:19
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/53655

Actions (login required)

View Item View Item