Pengaruh Return ON Assets (ROA) dan Return On Equity (ROE) terhadap harga saham industri farmasi : Studi pada PT. Kimia Farma Tbk periode 2012-2021

Maryani, Dina (2022) Pengaruh Return ON Assets (ROA) dan Return On Equity (ROE) terhadap harga saham industri farmasi : Studi pada PT. Kimia Farma Tbk periode 2012-2021. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (96kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (125kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftar isi.pdf

Download (114kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab 1.pdf

Download (157kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (187kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (273kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (574kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (129kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftar pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (67kB) | Request a copy

Abstract

Di era pandemi Covid-19, dunia sedang mengalami keterpurukan khususnya dalam bidang ekonomi. Tingkat investasi menurun, hal ini dirasakan pula oleh perusahaan farmasi. Pada awal pandemi harga saham turun drastis, pendapatan menurun, akan tetapi pengeluaran bertambah berkali-kali lipat diakibatkan bahan baku obat-obatan yang harganya jauh meningkat. Aset dan modal pun ikut terkena dampak dari adanya pandemi ini, perusahaan terus berupaya untuk bertahan, sehingga seiring berjalannya waktu harga saham perusahaan mulai membaik dan meningkat, pendapatan perusahaan perlahan membaik dan sedikitnya dapat menutupi pengeluaran agar tidak terjadi defisit. Rasio profitabilitas sebagai alat ukur untuk mengukur kinerja perusahaan, yang berfokus menghitung keuntungan yang didapat perusahaan, salah satu bagian dari rasio ini adalah Return On Assets dan Return On Equity. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Return On Assets (ROA) terhadap harga saham, untuk mengetahui pengaruh Return On Equity (ROE) terhadap harga saham, serta untuk mengetahui pengaruh Return On Assets (ROA) dan Return On Equity (ROE) terhadap harga saham. Populasi dalam penelitian ini adalah industri farmasi. Data yang digunakan dalam penelitian ini berupa data sekunder. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode purposive sampling, yaitu menentukan sampel berdasarkan kriteria yang telah ditentukan oleh peneliti dan sampel yang di dapat adalah Laporan Keuangan PT. Kimia Farma Tbk periode 2012-2021. Adapun metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif, uji asumsi klasik, analisis regresi linear berganda, dan uji hipotesis. Dari hasil pengolahan data didapatkan perolehan hasil persamaan regresi linier berganda yaitu Y = 2511,311 – 512,254X1 + 198,344X2. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan Return On Assets (ROA) memiliki pengaruh negatif yang dibuktikan dengan hasil pengujian uji t sebesar -5,062. Berikutnya Return On Equity (ROE) memiliki pengaruh positif yang dibuktikan dengan hasil pengujian uji t sebesar 3,319. Lalu pengujian terakhir yaitu pengaruh ROA dan ROE secara simultan memiliki pengaruh yang positif yang dibuktikan melalui pengujian uji f dengan cara membandingkan fhitung sebesar 23,675. Kesimpulan dari penelitian ini adalah Return On Assets (ROA) berpengaruh negatif terhadap harga saham, Return On Equity (ROE) berpengaruh signifikan terhadap harga saham, dan Return On Assets (ROA) dan Return On Equity (ROE) berpengaruh secara simultan terhadap harga saham.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Return On Assets (ROA); Return On Equity (ROE); Harga Saham
Subjects: General Management > Financial Management
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Manajemen
Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Program Studi Manajemen
Depositing User: Dina Maryani
Date Deposited: 21 Jul 2022 01:16
Last Modified: 21 Jul 2022 01:16
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/53640

Actions (login required)

View Item View Item