Pengaruh Risk Based Capital (RBC) dan jumlah pendapatan asuransi terhadap laba bersih pada PT Prudential Life Assurance Unit Syariah periode 2011-2020

Marwah, Sipa Mutiara (2022) Pengaruh Risk Based Capital (RBC) dan jumlah pendapatan asuransi terhadap laba bersih pada PT Prudential Life Assurance Unit Syariah periode 2011-2020. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (66kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (75kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (233kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (233kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (458kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (289kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (571kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (78kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (191kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakngi oleh adanya ketidaksesuaian antara teori dengan fakta. Berdasarkan teori laba merupakan selisih antara pendapatan dikurangi beban. Teori tersebut menjelaskan bahwa naiknya suatu beban maka akan menaikan laba perusahaan sedangkan naiknya pendapatan akan menaikkan laba. Namun, pada laporan keuangan PT. Prudential Life Assurance Unit Syariah periode 2011-2020 ada beberapa data yang tidak sesuai dengan teori ketika Risk Based Capital (RBC) naik maka laba bersih naik dan ketika pendapatan asuransi naik maka laba bersih juga mengalami kenaikan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis besarnya pengaruh Risk Based Capital (RBC) secara parsial terhadap Laba Bersih; mengetahui dan menganalisis besarnya pengaruh Jumlah Pendapatan Asuransi secara parsial terhadap Laba Bersih; mengetahui dan menganalisis pengaruh Risk Based Capital (RBC) dan Jumlah Pendapatan Asuransi secara parsial terhadap Laba Bersih pada PT. Prudential Life Assurance Unit Syariah Periode 2011-2020. Kerangka pemikiran penelitian didasarkan pada teori yang menyatakan bahwa Risk Based Capital (RBC) dan Jumlah Pendapatan Asuransi berpengaruh positif terhadap Laba Bersih artinya apabila Risk Based Capital (RBC) dan Jumlah Pendapatan Asuransi naik, maka Laba Bersih naik, begitupun sebaliknya apabila Risk Based Capital (RBC) dan Jumlah Pendapatan Asuransi turun, maka Laba Bersih pun turun. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Data yang digunakan adalah data sekunder yang diperoleh dari laporan keuangan yang dipublikasi PT. Prudential Life Assurance Unit Syariah Periode 2011-2020. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis deskriptif, analisis uji asumsi klasik (uji normalitas, uji multikolinieritas, uji heteroskedastisitas, uji autokorelasi) analisis uji asosiatif (analisis regresi linier, analisis korelasi, analisis koefisiensi determinasi) analisis uji hipotesis (uji signifikasi parsial (uji T), uji signifikansi simultan (uji F). Hasil penelitian menunjukan bahwa secara parsial Risk Based Capital (RBC) berpengaruh negatif tidak signifikan terhadap Laba Bersih yang dibuktikan dengan t_hitung < t_tabel (-1,173 < 2,306). Secara parsial Jumlah Pendapatan Asuransi berpengaruh negatif tidak signifikan terhadap Laba Bersih di buktikan dengan t_hitung < t_tabel (-0,040 < 2,306). Secara simultan Risk Based Capital (RBC) dan Jumlah Pendapatan Asuransi berpengaruh negatif tidak signifikan terhadap Laba Bersih yang di buktikan dengan F_hitung > F_tabel (0,902 < 4,737).

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Risk Based Capital (RBC);Jumlah Pendapatan Asuransi;Laba Bersih;
Subjects: Accounting > Financial Reporting
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Program Studi Manajemen Keuangan Syariah
Depositing User: Sipa Mutiara Marwah
Date Deposited: 20 Jul 2022 07:02
Last Modified: 20 Jul 2022 07:02
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/53635

Actions (login required)

View Item View Item