Pengaruh kontribusi bruto dan hasil investasi terhadap laba bersih pada perusahaan asuransi jiwa syariah: Studi di PT. Asuransi Jiwa Manulife Indonesia unit syariah periode 2012-2021

Octavia, Shely (2022) Pengaruh kontribusi bruto dan hasil investasi terhadap laba bersih pada perusahaan asuransi jiwa syariah: Studi di PT. Asuransi Jiwa Manulife Indonesia unit syariah periode 2012-2021. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (18kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (49kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (74kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (217kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (469kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (221kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (715kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (83kB) | Request a copy
[img]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf

Download (189kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi karena adanya hubungan antara Kontribusi Bruto dan Hasil Investasi terhadap Laba Bersih serta melihat pengaruh dari ketiga variabel tersebut. Adapun beberapa teori baik dari buku atau karya tulis ilmiah lainnya menyatakan bahwa antara pendapatan dan laba berbanding lurus atau searah, ketika pendapatan naik maka laba juga mengalami kenaikan. Namun jika dilihat berdasarkan data laporan keuangan perusahaan dan beberapa hasil penelitian terdahulu, ada ketidaksesuaian antara teori dengan perolehan data dan hasil penelitian terdahulu. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui besarnya pengaruh Kontribusi Bruto secara parsial terhadap Laba Bersih; mengetahui besarnya pengaruh Hasil Investasi secara parsial terhadap Laba Bersih; dan mengetahui besarnya pengaruh Kontribusi Bruto dan Hasil Investasi secara simultan terhadap Laba Bersih pada PT. Asuransi Jiwa Manulife Indonesia Unit Syariah Periode 2012-2021. Laba merupakan hasil dari kegiatan operasional perusahaan dalam satu periode. Perusahaan yang memiliki laba yang tumbuh menunjukan bahwa perusahaan tersebut memiliki kemampuan operasional yang baik. Salah satu faktor yang mempengaruhi laba adalah tingkat kontribusi bruto dan hasil investasi. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan metode deskriptif verifikatif dengan pendekatan kuantitatif. Data yang digunakan adalah data sekunder runtun waktu atau time series yang diperoleh dari laporan keuangan yang dipublikasikan oleh PT. Asuransi Jiwa Manulife Indonesia Unit Syariah Periode 2012-2021. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis deskriptif, analisis uji asumsi klasik (uji normalitas, uji multikolinearitas, uji heteroskedastisitas dan uji autokorelasi), analisis uji asosiatif (analisis regresi linier, analisis korelasi dan analisis koefisien determinasi) serta analisis uji hipotesis (uji signifikansi parsial (uji T) dan uji signifikansi simultan (uji F). Hasil penelitian menunjukan bahwa secara parsial Kontribusi Bruto berpengaruh signifikan terhadap Laba Bersih yang dibuktikan dengan nilai koefisien determinasi sebesar 57,4%. Pada variabel Hasil Investasi secara parsial tidak berpengaruh signifikan terhadap Laba Bersih yang dibuktikan dengan nilai koefisien determinasi sebesar 22,6%. Kemudian secara simultan diperoleh hasil koefisien determinasi sebesar 58,2% artinya Ho ditolak dan Ha diterima. Hal ini berarti Kontribusi Bruto dan Hasil Investasi berpengaruh tidak signifikan terhadap Laba Bersih.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Kontribusi Bruto; Hasil Investasi; Laba Bersih
Subjects: Insurance > Old Age, Death, Illness, Injury Insurance
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Program Studi Manajemen Keuangan Syariah
Depositing User: Shely Octavia
Date Deposited: 21 Jul 2022 00:49
Last Modified: 21 Jul 2022 00:49
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/53631

Actions (login required)

View Item View Item