Manajemen strategik digital Fundrising Badan Amil Zakat Nasional : BAZNAS Provinsi Jawa Barat dalam meningkatkan minat Muzakki

Arfi, Siti Zakiah Haerani (2022) Manajemen strategik digital Fundrising Badan Amil Zakat Nasional : BAZNAS Provinsi Jawa Barat dalam meningkatkan minat Muzakki. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (47kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (33kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (63kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (367kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (367kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (39kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (48kB) | Request a copy

Abstract

Perkembangan yang signifikan dalam pertumbuhan ekonomi Islam menjadi salah satu bukti bahwa negara Indonesia merupakan negara yang memiliki jumlah penduduk umat muslim terbesar di dunia. Adanya pertambahan jumlah penduduk semakin meningkat pula dalam sektor Ekonomi Islam di Indonesia. Salah satu aktivitas dalam peningkatan ekonomi yaitu membayar zakat. Saat ini sudah masuk era digital, sejak mewabahnya virus corona sehingga aktivitas masyarakat dibatasi. Namun aktivitas membayar zakat terus dapat di lakukan masyarakat melalui program Digital Fundrising yang dilakukan oleh Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) Provinsi Jawa Barat. Tujuan penelitian ini untuk membahas mengenai 1) formulasi manajemen strategik Digital Fundrising 2) implementasi manajemen strategik Digital Fundrising, 3) evaluasi manajemen strategik digital fundrising dalam meningkatkan minat muzakki. Untuk mengetahui lebih dalam strategik yang dilakukan BAZNAS Provinsi Jawa Barat dalam digital fundrising dana zakat. Berdasarkan tujuan diatas maka penulis mengambil teori David dan David (2013) menjelaskan bahwa manajemen strategik merupakan seni dan pengetahuan dalam menformulasi, mengimplementasikan, serta mengevaluasi keputusan lintas fungsional yang memampukan sebuah organisasi mencapai tujuannya. Penelitian ini bersifat kualitatif dengan menggunakan metode deskriptif. Teknik mengumpulkan data melalui proses observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data deskriptif kualitatif untuk menganalisis, menjabarkan, meringkas berbagai kondisi dari hasil observasi dan wawancara dan disesuaikan dari pola umum ke khusus agar hasil penelitian mudah dipahami. Adapun dalam hasil penelitian ini pada proses formulasi digital fundrising zakat diawali dengan menetukan tujuan, membuat tim, serta menentukan target sasaran.Dalam implementasi digital fundrising dilakukan dengan pelatihan, pembaharuan IT Support serta mengembangkan sistem. Serta dalam evaluasi digital fundrising dapat menarik perhatian donatur untuk ikut serta dalam membayar zakat, lebih terorganisir sistem keamanan data, serta dapat meminimalisir pengeluara biaya operasional. Hasil data dapat disimpulkan bahwa manajemen strategik digital fundrising sangat membantu dalam peningkatan minat muzakki dan berhasil mengambil perhatian dalam penambahan muzakki baru dalam proses digital fundrising zakat di Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) Provinsi Jawa Barat.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Manajemen Strategik; Digital Fundrising; Minat Muzakki
Subjects: Use of Other Information Media > Reading Interest and Habits
Fikih (Fiqih, Fiqh), Hukum Islam > Zakat
General Management > Planning and Strategic Management
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Manajemen Dakwah
Depositing User: Siti Zakiah Arfi Haerani
Date Deposited: 20 Jul 2022 05:21
Last Modified: 20 Jul 2022 05:21
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/53627

Actions (login required)

View Item View Item