Pola interaksi komunitas Bandung Doodle Art dalam membangun solidaritas dan kontrobusinya terhadap masyarakat : Studi kasus komunitas Bandung Doodle Art

Octaviana, Tania Suci (2021) Pola interaksi komunitas Bandung Doodle Art dalam membangun solidaritas dan kontrobusinya terhadap masyarakat : Studi kasus komunitas Bandung Doodle Art. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (219kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (295kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftar isi.pdf

Download (335kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (383kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (421kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (131kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (467kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8-bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (103kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (101kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini berawal dari ketertarikan dan hobi peneliti kebada bidang seni khususnya dengan seni gambar atau lukis. Hal yang menambah ketertarikan peneliti untuk menelti komunitas ini salah satunya juga karena peneliti sendiri merupakan salah satu member dari komunitas Bandung Doodle Art. Dalam penelitian kali ini juga dapat membantu peneliti untuk memehami lebih dalam tentang komunitas ini. Komunitas Bandung Doodle Art terbentuk karna ketidaksengajaan yang pada saat itu hanya didasari dengan kesamaan hobi sekelompok pedua dalam satu kelompok. Tetapi dengan seiring berjalannya waktu, hingga saat ini komunitas BDA sudah berkembang jauh lebih besar dan telah menghasilkan beberapa prestasi.. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana solidaritas anggota Komunitas Bandung Doodle art (BDA), untuk mengetahhui bagaimana latar belakang terbentuknya komunitas serta sebesar apa rasa solidaritas yang ada dalam komunitas, bagaimana cara mereka membangun dan mempertahankan solidaritas, dan mengetahui bagaimana pola interaksi yang biasa dilakukan antar sesame anggota. Landasan teori yang digunakan dalam penelitian ini merujuk pada teori solidaritas Emile Durkheim yang sebagaimana menurutnya, solidaritas dalam masyarakat bekerja seperti “perekat sosial”, yang dimana dalam hal ini dapat berupa nilai, adat istiadat dan kepercayaan yang dianur bersama dalam ikatan kolektif. Teori tersebut dijadikan sebagai kerangka pemikiran dalam melihat berbagai fenomena yang muncul dilapangan, terutama berkaitan dengan Interaksi dan Solidaritas Sosial Komunitas Bandung Doodle Art (BDA). Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif yaitu dengan cara menganalisi data yang sudah didapat, kemudia memaparkan dalam bentuk narasi cerita berdasarkan data wawancara dan observasi yang telah didapat dan juga dilengkapi dengan dokumentasi berupa foto. Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui dan menggambarkan tentang solidaritas anggota Komunitas Bandung Doodle Art (BDA). Berdasarkan hasil penelitian, bahwa solidaritas anggota dalam Komunitas Bandung Doodle Art (BDA) didasarkan dengan rasa kekeluargaan yang mereka terapkan dalam komunitas dan kepada semua anggota. Interaksi yang terjalin dengan baik dengan sesama anggota membuat pola interaksi dalam komunitas berjalan dengan baik. Solidaritas yang terjalin dalam Komunitas Bandung Doodle Art sangatlah kuat, ini dapat dibuktikan dengan persamaan rasa dengan sesama anggota.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Interaksi; Solidaritas; Anggota; Komunitas Bandung Doodle Art; BDA
Subjects: Social Interaction, Interpersonal Relations > Social Interactions within Groups
Communities
Communities > Urban Communities, Cities
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Sosiologi
Depositing User: Tania Suci Octaviana
Date Deposited: 20 Jul 2022 01:44
Last Modified: 20 Jul 2022 01:44
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/53615

Actions (login required)

View Item View Item