Pengaruh kontribusi peserta dan beban klaim terhadap Surplus (defisit) Underwriting pada PT Panin Dai-Ichi Life Unit Syariah periode 2011-2020

Rahmawati, Siti (2022) Pengaruh kontribusi peserta dan beban klaim terhadap Surplus (defisit) Underwriting pada PT Panin Dai-Ichi Life Unit Syariah periode 2011-2020. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (55kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (105kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (53kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (240kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (382kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (194kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (719kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (104kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (119kB) | Request a copy

Abstract

Perkembangan Surplus (defisit) Underwriting menunjukkan keberhasilan pengelolaan dana peserta pada perusahaan asuransi syariah. Surplus Underwriting dapat disisihkan sebagai cadangan untuk pembayaran klaim di masa mendatang, sehingga mengurangi kemungkinan gagal bayar pada klaim. Hal tersebut tentunya akan berdampak pada kepercayaan publik bahwa perusahaan memiliki kinerja yang baik. Adapun faktor yang mempengaruhi Surplus (defisit) Underwriting ialah Kontribusi Peserta dan Beban Klaim. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui 1) Pengaruh Kontribusi Peserta secara parsial terhadap Surplus (defisit) Underwriting; 2) Pengaruh Beban Klaim secara parsial terhadap Surplus (defisit) Underwriting; 3) Pengaruh Kontribusi Peserta dan Beban Klaim terhadap Surplus (defisit) Underwriting secara simultan. Pendapatan yang diterima dan dikelola oleh perusahaan asuransi merupakan Kontribusi Peserta; semakin besar pendapatan, semakin tinggi dana Surplus (defisit) Underwriting yang terkumpul. Beban Klaim adalah biaya yang dikeluarkan oleh perusahaan asuransi sebagai akibat dari klaim atau ganti rugi yang dibayarkan kepada peserta asuransi sehingga klaim bersifat mengurangi dana Surplus (defisit) Underwriting. Dalam penelitian ini, digunakan metode deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Data yang digunakan adalah data sekunder runtun waktu dari dokumen laporan keuangan yang diterbitkan pada website https://www.panindai-ichilife.co.id oleh PT Panin Dai-Ichi Life Unit Syariah periode 2011-2020. Teknik analisis yang digunakan diantaranya Analisis deskriptif, uji asumsi klasik, analisis asosiatif berupa regresi, uji korelasi, koefisien determinasi, dan teknik pengujian hipotesis digunakan dalam penelitian ini (t test and f test). Merujuk pada hasil analisis dan pengujian statistik yang telah dilakukan, maka dapat disimpulkan: 1) Kontribusi Peserta secara parsial berpengaruh positif tidak signifikan terhadap Surplus (defisit) Underwriting dengan persamaan regresi Y = -4,497 + 5,313; 2) Beban Klaim secara parsial berpengaruh negatif signifikan terhadap Surplus (defisit) Underwriting dengan persamaan regresi Y = -4,497 – 3,863; 3) Kontribusi Peserta dan Beban Klaim secara simultan berpengaruh signifikan terhadap Surplus (defisit) Underwriting dengan persamaan regresi berganda Y = -4,494 + 5,313X1 – 3,863X2, memiliki hubungan antar variabel yang kuat serta kemampuan variabel Kontribusi Peserta dan Beban Klaim dalam menjelaskan variabel Surplus (defisit) Underwriting sebesar 58,8%.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Kontribusi Peserta; Beban Klaim; Surplus (defisit) Underwriting
Subjects: Insurance > Claims Insurance
Insurance > Old Age, Death, Illness, Injury Insurance
General Management > Financial Management
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Program Studi Manajemen Keuangan Syariah
Depositing User: Siti Rahmawati
Date Deposited: 20 Jul 2022 01:31
Last Modified: 20 Jul 2022 01:31
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/53598

Actions (login required)

View Item View Item