Pengaruh pendapatan kontribusi dan dana tabarru' terhadap surplus underwriting pada PT Prudential Life Assurance Unit Syariah periode 2011-2020

Fitri, Suci Amelia (2022) Pengaruh pendapatan kontribusi dan dana tabarru' terhadap surplus underwriting pada PT Prudential Life Assurance Unit Syariah periode 2011-2020. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (62kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (127kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (140kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (283kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (360kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (102kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (131kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini diawali oleh asumsi bahwa surplus underwriting dipengaruhi oleh pendapatan kontribusi yang diberikan peserta kepada perusahaan asuransi. Selain dari Pendapatan Kontribusi, Surplus Underwriting dipengaruhi juga oleh Dana Tabarru’ yang diperoleh dari dana kontribusi peserta dan menjadi dana cadangan perusahaan. Pada perusahaan asuransi PT Prudential Life Assurance Unit Syariah, jumlah Pendapatan Kontribusi dan Dana Tabarru’ mengalami fluktuatif setiap tahunnya. Pada tahun 2012, 2016, 2019 dan 2020 terjadi fenomena bahwa tidak setiap kejadian empiris sesuai dengan teori. Oleh karena itu, peneliti melakukan penelitian menguji seberapa besar pengaruh jumlah Pendapatan Kontribusi dan Dana Tabarru’ terhadap Surplus Underwriting pada Prudential Life Assurance Unit Syariah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Pendapatan Kontribusi secara parsial terhadap Surplus (Defisit) Underwriting, pengaruh Dana Tabarru’ secara parsial terhadapa Surplus (Defisit) Undewriting, serta pengaruh Pendapatan Kontribusi dan Dana Tabarru’ secara simultan terhadap Surplus (Defisit) Underwriting pada PT. Prudential Life Assurance Unit Syariah periode 2011-2020. Berdasarkan kerangka berpikir, diketahui bahwa variabel Pendapatan Kontribusi dan Dana Tabarru’ sebagai variabel bebas dan Surplus (Defisit) Underwriting sebagai variabel terikat. Semakin tinggi nilai Pendapatan Kontribusi maka semakin meningkat pula Surplus Underwriting, karena memengaruhi banyak atau sedikitnya pendapatan perusahaan asuransi. Kemudian, semakin tinggi nilai Dana Tabarru’, maka Surplus Underwriting juga akan meningkat, karena perusahaan mendapat dana yang dapat diolah kembali untuk dana kebajikan dari nasabah untuk nasabah. Untuk menjawab pertanyaan, peneliti menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Data dalam penelitian ini menggunakan data sekunder yaitu berupa laporan keuangan yang terdapat pada website resmi PT. Prudential Life Assurance dengan periode 2011-2020. Dalam penelitian ini menggunakan teknik Analisis Deskriptif, Analisis Uji Asumsi Klasik, Analisis Regresi Sederhana dan Berganda, Analisis Korelasi, Analisis Koefisien Determinasi, dan Analisis Uji Hipotesis menggunakan Uji t dan Uji F. Adapun pengolahan data menggunakan SPSS dan perhitungan secara manual. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Pendapatan Kontribusi secara parsial berpengaruh signifikan terhadap Surplus Underwriting dengan koefisien determinasi sebesar 57,4%. Dana Tabarru’ secara parsial berpengaruh signifikan terhadap Surplus Underwriting dengan koefisien determinasi sebesar 54,7%. Pendapatan Kontribusi dan Dana Tabarru’ berpengaruh signifikan terhadap Surplus Underwriting secara simultan dengan koefisien determinasi sebesar 58,4%.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Pendapatan Kontribusi, Dana Tabarru’, Surplus (Defisit) Underwriting
Subjects: Administration of Economy > Administration of Financial Institutions
Accounting > Financial Reporting
Accounting > Analitycal Accounting, Financial Accounting
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Program Studi Manajemen Keuangan Syariah
Depositing User: suci amelia
Date Deposited: 20 Jul 2022 01:34
Last Modified: 20 Jul 2022 01:34
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/53596

Actions (login required)

View Item View Item