Pengaruh Current Ratio (CR) dan Working Capital Turn Over (WCTO) terhadap Net Profit Margin (NPM) pada perusahaan yang terdaftar di Indeks Saham Syariah Indonesia (ISSI) : Studi perusahaan PT. Sampoerna Agro Tbk periode 2011 -2020

Budiana, Nuraini Qolbi Shafira (2022) Pengaruh Current Ratio (CR) dan Working Capital Turn Over (WCTO) terhadap Net Profit Margin (NPM) pada perusahaan yang terdaftar di Indeks Saham Syariah Indonesia (ISSI) : Studi perusahaan PT. Sampoerna Agro Tbk periode 2011 -2020. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (90kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (27kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (138kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (195kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (652kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (267kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (723kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (42kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (192kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini di latar belakangi oleh suatu perusahaan yang memiliki potensi menghasilkan laba bersih yakni Net Profit Margin (NPM). Hal yang mempengaruhi fluktuasi Net Profit Margin (NPM) salah satunya yakni Current Ratio (CR), Hal ini digunakan untuk mengukur kemampuan perusahaan dalam melunasi kewajiban lancarnya, dan Working Capital Turn Over (WCTO) adalah rasio perusahaan dalam menghasilkan pendapatan dengan menggunakan modal kerja. Dengan adanya teori tersebut, peneliti tertarik untuk meneliti Pengaruh Current Ratio (CR) dan Working Capital Turn Over (WCTO) Terhadap Net Profit Margin (NPM) Pada Perusahaan yang Terdaftar di Indeks Saham Syariah Indonesia (ISSI) (Studi Perusahaan PT. Sampoerna Agro Tbk Periode 2011-2020). Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh Current Ratio (CR) secara parsial terhadap Net Profit Margin (NPM), pengaruh Working Capital Turn Over (WCTO) secara parsial terhadap Net Profit Margin (NPM) dan pengaruh Current Ratio (CR), Working Capital Turn Over (WCTO) secara simultan terhadap Net Profit Margin (NPM) di PT Sampoerna Agro Tbk, Periode 2011-2020. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Analisis yang digunakan adalah Uji Asumsi Klasik, Analisis Deskriptif, Analisis Regresi Linier (sederhana dan berganda). Analisis Korelasi Pearson Product Moment (PPM), Analisis Koefisien Determinasi, dan Analisis Hipotesis (Uji T dan Uji F). Adapun pengolahan data menggunakan SPSS For Windows Version 23.0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Current Ratio (CR) secara parsial berpengaruh signifikan terhadap Net Profit Margin (NPM) dengan koefisien determinasi 61.8%, dan thitung 3.5999. Sedangkan, Working Capital Turn Over (WCTO) secara parsial tidak berpengaruh signifikan dengan koefisien determinasi 3.2% dan thitung 0.516. Pada hal yang sama Current Ratio (CR) dan Working Capital Turn Over (WCTO) berpengaruh simultan secara signifikan terhadap Net Profit Margin (NPM) yakni Fhitung 5.832. dan koefisien determinasi 62.5%, sisanya 37.5% merupakan presentase dari faktor lain yang tidak di teliti dalam penelitian ini.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Current Ratio (CR); Working Capital Turn Over (WCTO); Net Profit Margin (NPM);
Subjects: Accounting > Financial Reporting
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Program Studi Manajemen Keuangan Syariah
Depositing User: Nuraini Qolbi Shafira Budiana
Date Deposited: 10 Aug 2022 07:51
Last Modified: 10 Aug 2022 07:51
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/53595

Actions (login required)

View Item View Item