Politik hukum pembentukan undang-undang nomor 11 tahun 2020 tentang cipta kerja dan relevansinya dengan asas pembentukan peraturan perundang-undangan

Fuad, Izzudin (2022) Politik hukum pembentukan undang-undang nomor 11 tahun 2020 tentang cipta kerja dan relevansinya dengan asas pembentukan peraturan perundang-undangan. Masters thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_COVER.pdf

Download (256kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_ABSTRAK.pdf

Download (613kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_DAFTARISI.pdf

Download (168kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_BAB1.pdf

Download (761kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_BAB2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (700kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_BAB3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (582kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_BAB4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (570kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_BAB5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (181kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_DAFTARPUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (410kB) | Request a copy

Abstract

Di antara undang-undang yang cukup menyita perhatian dan mengundang banyak polemik di tengah masyarakat adalah Undang-undang No. 11 Tahun 2020 tentang Cipta Kerja. Undang-undang ini dibentuk melalui sebuah metode, yaitu Omnibus Law. Undang-undang Cipta Kerja memiliki permasalahan baik dari prosedur penyusunan dan juga substansi hukum yang diatur di dalamnya. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui konfigurasi politik dan pengaruhnya dalam pembentukan Undang-undang Nomor 11 Tahun 2020 tentang Cipta Kerja; (2) mengetahui prosedur dan tahapan pembentukan Undang-undang Nomor 11 Tahun 2020 tentang Cipta Kerja; (3) menganalisis implikasi yuridis pembentukan undang-undang Cipta Kerja dan relevansinya dengan asas-asas pembentukan perundang-undangan; (4) mengetahui status hukum Undang-Undang Cipta Kerja pasca putusan MK No 91/PUU-XVIII/2020. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan yang digunakan yaitu penelitian kepustakaan (library research). Proses pengumpulan data menggunakan teknik studi kepustakaan, sementara analisis data dilakukan dengan menggunakan teknik deskriptip-analysis. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah; (a) Teori Negara Hukum.(b) Teori Sistem Hukum.(c) Teori Pembentukan Perundang-undangan.(d) Teori Politik Hukum.(e) Teori Omnibus Law.dan (f) Asas Pembentukan Perundang-undangan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (a) Konfigurasi politik pembentukan Undang-undang Cipta Kerja bertolak dari Political Will Presiden untuk membentuk undang-undang melalui metode Omnibus Law guna membuka lapangan pekerjaan dan membangun iklim investasi. Hal ini berpengaruh terhadap karakteristik Undang-undang Cipta Kerja yang terkesan berpihak pada kepentingan investasi dengan menarik para investor. (b) Prosedur dan tahapan pembentukan Undang-undang Cipta Kerja dilakukan melalui tahapan-tahapan: perencanaan; penyusunan rancangan; pembahasan rancangan; pengesahan; pengundangan; dan tahap penyebarluasan. (c) Implikasi yuridis pembentukan Undang-undang Cipta Kerja dalam hubungannya dengan asas pembentukan perundang-undangan, dilihat dari dua aspek, yaitu: Pertama, implikasi terkait dengan asas formil, bahwa pembentukan undang-undang ini tidak menyalahi ketentuan asas formil.. Kedua, implikasi terkait dengan asas materil, menunjukkan adanya pasal bermasalah dan berbenturan dengan asas-asas materil. Pasal-pasal tersebut seperti terkait penghapusan hak PHK, sistem kerja kontrak yang tanpa batas, pemangkasan waktu istirahat kerja, dll. (d) Pasca putusan Mahkamah Konstitusi (MK) mengenai Undang-Undang Cipta Kerja No.11 Tahun 2020 menyatakan bahwa status hukum Undang-Undang tersebut adalah inkonstitusial bersyarat.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Politik Hukum; Cipta Kerja; Asas; Perundang-undangan.
Subjects: Law
Law > Comparative Law
Law > Legal Systems
Law > Conflict of Law
Divisions: Pascasarjana Program Magister > Program Studi Ilmu Hukum
Depositing User: Izzudin Fuad
Date Deposited: 20 Jul 2022 01:07
Last Modified: 20 Jul 2022 01:07
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/53592

Actions (login required)

View Item View Item