Pengaruh Price Earnings Ratio (PER) dan Dividend Per Share (DPS) terhadap Stock Price (SP) pada perusahaan yang terdaftar di Indeks Saham Syariah Indonesia (ISSI): Studi di PT. Japfa Comfeed Indonesia Tbk periode 2012-2021

Fauziyah, Gina Nur (2022) Pengaruh Price Earnings Ratio (PER) dan Dividend Per Share (DPS) terhadap Stock Price (SP) pada perusahaan yang terdaftar di Indeks Saham Syariah Indonesia (ISSI): Studi di PT. Japfa Comfeed Indonesia Tbk periode 2012-2021. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (19kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (47kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (120kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (183kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (339kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (211kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (597kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (49kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (184kB) | Request a copy

Abstract

Stock Price (SP) adalah harga pasar yang berfluktuasi terjadi di pasar bursa pada periode tertentu ditentukan oleh pelaku pasar, permintaan dan penawaran saham di pasar modal yang berfluktuasi dari waktu ke waktu. Apabila jumlah penawaran lebih besar dari jumlah permintaan, maka Stock Price (SP) akan menurun, sebaliknya apabila jumlah permintaan lebih besar dari jumlah penawaran maka Stock Price (SP) akan cenderung naik, faktor tersebut yang mempengaruhi investor untuk mengambil keputusan dalam pembentukan harga saham perusahaan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh Price Earnings Ratio (PER) secara parsial terhadap Stock Price (SP); mengetahui dan menganalisis berapa besar pengaruh Dividend Per Share (DPS) secara parsial terhadap Stock Price (SP); mengetahui dan menganalisis pengaruh Price Earnings Ratio (PER) dan Dividend Per Share (DPS) secara simultan terhadap Stock Price (SP) pada PT. Japfa Comfeed Indonesia Tbk. periode 2012-2021. Kerangka pemikiran penelitian didasarkan pada teori yang menyatakan bahwa Price Earnings Ratio (PER) dan Dividend Per Share (DPS) berpengaruh positif terhadap Stock Price (SP), artinya apabila Price Earnings Ratio (PER) dan Dividend Per Share (DPS) naik, maka Stock Price (SP) naik, begitupun sebaliknya apabila Price Earnings Ratio (PER) dan Dividend Per Share (DPS) turun, maka Stock Price (SP) pun turun. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Data yang digunakan adalah data sekunder yang diperoleh dari laporan keuangan yang dipublikasikan PT. Japfa Comfeed Indonesia Tbk. periode 2012-2021. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis deskriptif, analisis uji asumsi klasik (uji normalitas, uji multikolinieritas, uji heteroskedastisitas, uji autokorelasi) analisis uji asosiatif (analisis regresi linier, analisis korelasi, analisis koefisiensi determinasi) analisis uji hipotesis (uji signifikansi parsial (uji t), uji signifikansi simultan (uji F). Hasil penelitian menunjukan bahwa secara parsial Price Earning Ratio (PER) tidak berpengaruh signifikan terhadap Stock Price (SP) yang dibuktikan dari besar nilai koefisien determinasi sebesar 0,58%. Pada variabel Dividend Per Share (DPS) secara parsial tidak berpengaruh signifikan terhadap Stock Price (SP) yang dibuktikan dari nilai koefisien determinasi sebesar 0,05%. Kemudian secara simultan, diketahui bahwa hasil koefisien sebesar 13,4% artinya Ho diterima dan Ha ditolak. Hal ini berarti Price Earnings Ratio (PER) dan Dividend Per Share (DPS) tidak berpengaruh signifikan terhadap Stock Price (SP).

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Price Earnings Ratio (PER); Dividend Per Share (DPS); Stock Price (SP).
Subjects: Accounting > Financial Reporting
General Management
General Management > Financial Management
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Program Studi Manajemen Keuangan Syariah
Depositing User: Gina Nur Fauziyah
Date Deposited: 19 Jul 2022 07:26
Last Modified: 19 Jul 2022 07:26
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/53550

Actions (login required)

View Item View Item