Pengaruh Capital Adequacy Ratio (CAR) dan Financing to Deposit Ratio (FDR) terhadap Return On Asset (ROA) pada PT. Bank Syariah Bukopin periode 2011-2021

Mar'atusholihah, Irma (2022) Pengaruh Capital Adequacy Ratio (CAR) dan Financing to Deposit Ratio (FDR) terhadap Return On Asset (ROA) pada PT. Bank Syariah Bukopin periode 2011-2021. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunungg Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (60kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (145kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (279kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (302kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (527kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (279kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (881kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (135kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (126kB) | Request a copy

Abstract

Capital Adequacy Ratio (CAR) atau Rasio Kecukupan modal adalah untuk mengukur sejauh mana modal yang dimiliki oleh perusahaan apakah sesuai dengan ketentuan Kewajiban Penyediaan Modal Minimum (KPMM) yang telah ditetapkan oleh BI yaitu 12%. Sementara FDR merupakan rasio antara jumlah pembiayaan yang di berikan bank dengan dana pihak ketiga yang di terima oleh bank. ROA adalah bentuk rasio profitabilitas untuk mengukur tingkat kemampuan manajemen bank dalam memperoleh keuntungan secara keseluruhan. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui besarnya pengaruh Capital Adequacy Ratio (CAR) secara parsial terhadap Return On Assets (ROA), pengaruh Financing to Deposit Ratio (FDR) secara parsial terhadap Return On Assets (ROA) dan secara simultan Capital Adequacy Ratio (CAR) dan Financing to Deposit Ratio (FDR) terhadap Return On Assets (ROA) pada Bank Syariah Bukopin periode 2011-2021. Kerangka berfikir yang digunakan dalam penelitian ini adalah Capital Adequacy Ratio (CAR) dan Financing to Deposit Ratio (FDR) berpengaruh positif terhadap Return On Assets (ROA), karena jika variabel masing-masing mengalami kenaikan maka Return On Assets (ROA) juga akan mengalami kenaikan. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Obyek penelitian ini adalah PT. Bank Syariah Bukopin. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif dan kuantitatif. Analisis kuantitatif menjelaskan huubungan yang bersifat asosiatif dengan menggunakan uji statistic meliputi regresi linier sederhana dan berganda, uji korelasi, koefisien determinasi, serta uji t (parsial) dan uji f (simultan). Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Hasil pengujian hipotesis X1 menunjukkan nilai t hitung ≤ t hitung, – 2,620 ≤ 2,262 artinya H0 diterima dan Ha ditolak, H0 diterima artinya yaitu secara parsial Capital Adequacy Ratio tidak berpengaruh terhadap Return On Asset. 2) Hasil pengujian hipotesis X2 menunjukkan nilai t hitung ≤ t hitung,, 0,062 ≤ 2,262 artinya H0 diterima dan Ha ditolak, H0 diterima artinya yaitu secara parsial Financing to Deposit Ratio tidak berpengaruh terhadap Return On Assets. 3) pengujian hipotesis menunjukkan nilai f hitung > f tabel atau 4,496 > 4,46. Artinya Ha diterima dan H0 ditolak, Ha diterima artinya yaitu secara simultan Capital Adequacy Ratio (CAR) dan Financing To Deposit Ratio (FDR) berpengaruh terhadap Return On Assets (ROA).

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Capital Adequacy Ratio (CAR); Financing to Deposit Ratio (FDR); Return On Asset (ROA);
Subjects: Educational Institutions, Schools and Their Activities
General Management
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Program Studi Manajeman Keuangan Syariah
Depositing User: Irma Mar'atusholihah
Date Deposited: 20 Jul 2022 00:56
Last Modified: 20 Jul 2022 00:56
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/53546

Actions (login required)

View Item View Item