Strategi personal branding Habib Ja'far dalam kegiatan dakwah di youtube: Analisis deskrptif pada akun youtube jeda nulis

Fadhlurrahman, Faiz (2022) Strategi personal branding Habib Ja'far dalam kegiatan dakwah di youtube: Analisis deskrptif pada akun youtube jeda nulis. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (98kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (274kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (252kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (328kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (348kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (195kB) | Request a copy
[img]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf

Download (416kB) | Preview

Abstract

Habib Ja’far merupakan pendakwah/da’i yang dikenal khalayak luas dari Akun Youtube “Jeda Nulis”. Habib Ja’far merintis akun Youtube sebagai media bagi dia untuk menyampaikan pesan dakwah. Cara tersebut dilakukan dengan membentuk strategi personal branding untuk menarik banyak audiens. Karakter yang dibentuk sebagai branding yaitu anak muda yang sesuai dengan target segmen dakwahnya. Dakwah yang disampaikan juga menjunjung tinggi nilai moderasi serta toleransi. Teori yang digunakan pada penelitian ini yaitu teori autentik personal branding Hubert K Rampersad, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bentuk 1) Authentiity, 2) Integrity, 3) Consistency, 4)Specialization, 5) Authority, 6) Distinctivness, 7) Relevant, 8) Visiblity, 9) Persistence, 10) Goodwill, 11) Performance strategi personal branding dari Habib Ja’far di media sosial Youtube. Penelitian ini menggunakan paradigma konstrutivisme yaitu mencari makna beragam dari sebuah fenomena dengan interpretasi yang beragam. Penelitian ini mengunakan metode penelitian kualitatif dengan analisis deskriptif. Berdasarkan hasil penelitian menunjukan bahwa bentuk strategi personal branding Habib Ja’far dalam kegiatan dakwah di Youtube memenuhi kriteria autentik personal branding yaitu (1).Keotentikan: memilki karakter yang relate dengan kalangan muda (2) Integritas : moderat dalam pemilihan bahasan, (3) Consistency : karakter yang ditampilkan dalam konten sama dengan karakter aslinya, (4) Spesialisasi : habib Ja'far merupakan pendakwah yang terjun sebagai konten kreator, (5) Otoritas : Kehadiran habib Ja'far diakui oleh pihak lain, (6)Keberbedaan : memiliki aura muda dibanding dengan habib yang lain, (7) Relevansi : pesan dakwah yang relate dengan anak muda, (8) Visibilitas : habib Ja'far sering muncul di media lain, (9) Kegigihan : habib Ja'far selalu sabar dalam menanggapi respon negatif, (10) Niat Baik : habib Ja'far menjalin dan mempertemukan segmen dakwah yang tidak tersentuh, (11) Kinerja : habib Ja'far menjalin dan mempertemukan segmen dakwah yang tidak tersentuh. Berdasarkan hasil penelitian, strategi personal branding Habib Ja’far sesuai dengan sebelas kriteria autentik personal branding Hubert K. Rampersad English: Habib Ja'far is a preacher / preacher who is known to a wide audience from the Youtube account "Jeda Nulis". Habib Ja'far started a Youtube account as a medium for him to convey da'wah messages. This is done by forming a personal branding strategy to attract a large audience. The characters formed as branding are young people who are in accordance with the target segment of their da'wah. The da'wah delivered also upholds the values of moderation and tolerance. The theory used in this study is Hubert K Rampersad's authentic personal branding theory, this study aims to determine the form of 1) Authentiity, 2) Integrity, 3) Consistency, 4) Specialization, 5) Authority, 6) Distintivness, 7) Relevant, 8 ) Visibility, 9) Persistence, 10) Goodwill, 11) Performance of Habib Ja'far's personal branding strategy on Youtube social media. This study uses a constructivist paradigm that is looking for various meanings from a phenomenon with various interpretations. This study uses qualitative research methods with descriptive analysis. Based on the results of the study, it shows that the form of Habib Ja'far's personal branding strategy in da'wah activities on Youtube meets the criteria for authentic personal branding, namely: (1). Authenticity: has characters that relate to young people (2) Integrity: moderate in the choice of discussion, (3) Consistency: the characters displayed in the content are the same as the original characters, (4) Specialization: habib Ja'far is a preacher who works as a content creator , (5) Authority: The presence of habib Ja'far is recognized by other parties, (6) Distinction: has a youthful aura compared to other habibs, (7) Relevance: da'wah message that relates to young people, (8) Visibility: habib Ja 'far often appears in other media, (9) Persistence: habib Ja'far is always patient in responding to negative responses, (10) Good will: habib Ja'far ties and brings together untouchable preaching segments, (11) Performance : habib Ja 'far interweaves and brings together untouchable segments of da'wah Based on the results of the study, Habib Ja'far's personal branding strategy was in accordance with the eleven criteria for authentic Hubert K. Rampersad personal branding.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: strategi;personal branding;habib ja'far;dakwah;youtube
Subjects: Administration of Economy > Administration of Communications
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Hubungan Masyarakat
Depositing User: Faiz Imam Fadhlurrahman
Date Deposited: 04 Aug 2022 01:04
Last Modified: 04 Aug 2022 01:04
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/53522

Actions (login required)

View Item View Item