Pengembangan media pembelajaran Augmented Reality pada mata pelajaran matematika : Penelitian Research and Development pada mata pelajaran matematika materi bangun ruang di Madrasah Ibtidaiyah Kelas II

Utami, Kartika Tri (2022) Pengembangan media pembelajaran Augmented Reality pada mata pelajaran matematika : Penelitian Research and Development pada mata pelajaran matematika materi bangun ruang di Madrasah Ibtidaiyah Kelas II. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (cover)
1_Cover.pdf

Download (102kB) | Preview
[img]
Preview
Text (abstrak)
2_abstrak.pdf

Download (70kB) | Preview
[img]
Preview
Text (daftar isi)
3_daftar isi.pdf

Download (50kB) | Preview
[img]
Preview
Text (bab 1)
4_bab 1.pdf

Download (191kB) | Preview
[img] Text (bab 2)
5_bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (518kB) | Request a copy
[img] Text (bab 3)
6_bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (167kB) | Request a copy
[img] Text (bab 4)
7_bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy
[img] Text (bab 5)
8_bab 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (88kB) | Request a copy
[img] Text (daftar pustaka)
9_daftar pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (112kB) | Request a copy

Abstract

Media pembelajaran merupakan hal yang menjadi pendukung pada sebuah pembelajaran, dimana perannya sangat penting untuk mempermudah proses pemahman siswa. Keadaan pendidikan di Indonesia yang mengalami perubahan selama pandemi Covid-19 membuat guru harus mencari cara lain untuk menyesuaikan diri dengan keadaan. Saat ini perkembangan media teknologi sudah mulai tumbuh pesat seperti yang dikatuhi dari data hasil survei UNICEF Indonedia bahwa 30 juta anak di Indonesia memilih media digital sebagai sarana untuk mendapatkan informasi. Keadaan ini menuntut guru untuk menguasai TPACK (technological, pedagogical, aconten, knowledge) supaya tetap dapat menyesuaikan diri dengan perkembangan zaman. Atas hal tersebut peniliti tertarik untuk melakukan sebuah penelitian pengembangan media pembelajaran Augmented Reality. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui desain awal media pembelajaran Augmented Reality di Madrasah Ibtidaiyah kelas dua pada mata pelajaran matematika khususnya pada materi bangun ruang. Selain itu penelitian ini juga bertujuan untuk mengetahui bagaimanakah pengembangan desain awal media pembelajaran Augmented Reality melalui proses validasi oleh validator ahli media dan ahli materi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu Reasearch and Development yang mana akhir penelitian pengembangan ini akan menghasilkan suatu produk yang sudah tervalidasi dan teruji kelayakannya. Adapun hasil dari penelitian ini adalah (1) desain awal media pembelajaran Augmented Reality memerlukan beberapa software dan website khusus seperti Blender, Vuforia, Unity, Photoshop, Microsoft Word dan marker generator (2) hasil validasi ahli materi mencapai 4 dengan kategori layak dan validasi ahli materi mencapai 3,88 dengan kategori baik sebagai media pembelajaran. Sedangkan hasil dari uji coba kelompok kecil sebanyak enam siswa mendapat hasil 93% dengan kategori layak dan hasil uji coba kelompok besar oleh 21 siswa mendapat hasil 87% dengan kategori sangat layak. Berdasarkan hal tersebut media pembelajaran Augmented Reality pada mata pelajaran matematika materi bangun ruang dinyatakan baik dan layak untuk digunakan sebagai media pembelajaran bagi kelas II Madrasah Ibtidaiyah.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Media Pembelajaran; Augmented Reality; Matematika
Subjects: Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Kartika Tri Utami
Date Deposited: 29 Jul 2022 07:15
Last Modified: 29 Jul 2022 07:15
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/53520

Actions (login required)

View Item View Item