Tinjauan hukum ekonomi syariah terhadap jual beli pakaian dengan sistem borongan di Pasar Tanah Abang : Studi kasus Toko Erwinagallery

Aisyah, Siti (2022) Tinjauan hukum ekonomi syariah terhadap jual beli pakaian dengan sistem borongan di Pasar Tanah Abang : Studi kasus Toko Erwinagallery. Sarjana thesis, UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG.

[img]
Preview
Text
COVER 1.pdf

Download (389kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK1.pdf

Download (236kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR IS1.pdf

Download (251kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I11.pdf

Download (868kB) | Preview
[img] Text
BAB II1 (1).pdf
Restricted to Registered users only

Download (645kB) | Request a copy
[img] Text
BAB III1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (563kB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (44kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAK1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (413kB) | Request a copy

Abstract

Jual beli Borongan adalah jual beli dengan cara tanpa ditimbang, maupun di takar, jual beli Borongan (juzaf) sangat berhubungan dengan gharar karena terdapat ketidakjelasan dalam kualitas barang yang diperdagangkan oleh penjual. Namun menurut ulama jual beli juzaf boleh dilaksanakan, termasuk kedalam gharar Yasir dan gharar qalil dan untuk akad tersebut tidak berpengaruh dalam keabsahannya. Penelitian ini bertujuan untuk memahami bagaimana pelaksanaan jual beli pakaian dengan sistem Borongan ditoko Erwinagallery pasar tanah abang apakah sudah sesuai dengan syarat dan rukun atau tidak sesuai dengan syarat dan rukun menurut islam. Dan apakah terdapat mudharat terhadap jual beli pakaian tersebut, selanjutnya peneliti ingin mengetahui bagaimana tinjauan Hukum Ekonomi Syariah terhadap jual beli pakaian dengan sistem Borongan di toko Erwinagallery pasar tanah abang. dalam kompilasi Hukum Ekonomi Syariah menjelaskan bahwa unsur Ba’I dapat diartikan sebagai jual beli. dalam KHES, unsur jual beli terdiri dari pihak benda, dan perjanjian. Masyarakat sering terjadi permasalahan jual beli yang tidak berdasarkan KHES. seperti jual beli dengan sistem borongan di toko Erwinagallery pasar tanah abang. Metode penelitian yang penulis gunakan adalah metode penelitian kualitatif dalam bentuk (field research). Sumber data penelitian adalah wawancara kepada penjual dan pembeli pakaian Muslimah, yaitu pemilik toko, kariyawan, dan dua pembeli. Teknik pengumpulan data dalam bentuk wawancara. Adapun untuk pengolahan data dilakukan secara kualitatif, yaitu menghimpun data, membaca, dan mencatat data yang telah dikumpulkan dan selanjutnya dianalisis serta disimpulkan. Berdasarkan hasil penelitian yang penulis lakukan bahwa pelaksanaan jual beli pakaian dengan sistem Borongan di toko Erwingallery pasar tanah abang dengan penaksiran kuantitas dan kualitas, tawar menawar, penetapan harga, dan ijab qabul. Selanjutnya melakukan pembayaran dengan cara lunas tanpa tangguhan. Untuk tinjauan Hukum Ekonomi Syariah terhadap jual beli pakaian dengan sistem Borongan bisa dikategorikan belum sempurna memenuhi syarat dan rukun karena terdapat gharar dalam jual beli tersebut, karena terdapat permasalahan ketika melakukan jual beli Borongan terhadap pembeli baik itu permasahan dari segi kualitas maupun kuantitas.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: jual beli pakaian; hukum ekonomi syariah
Subjects: Accounting > General Publications of Accounting
Accounting > Education, Research of Accounting
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Program Studi Muamalah
Depositing User: Siti Aisyah
Date Deposited: 21 Jul 2022 01:57
Last Modified: 21 Jul 2022 01:57
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/53512

Actions (login required)

View Item View Item