Gaya kepemimpinan transformasional Kiai Oom Komarudin dalam meningkatkan budaya religius santri di Pondok Pesantren At-Tarbiyah Cimalaka Kabupaten Sumedang

Malik, Maulana (2022) Gaya kepemimpinan transformasional Kiai Oom Komarudin dalam meningkatkan budaya religius santri di Pondok Pesantren At-Tarbiyah Cimalaka Kabupaten Sumedang. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (40kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (312kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (601kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (471kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (576kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (495kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (204kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (207kB) | Request a copy

Abstract

Kepemimpinan dalam organisasi merupakan elemen penting, peranannya pun akan berpotensi terhadap kelangsungan organisasi. Maju mundurnya suatu organisasi akan ditentukan oleh arahan pemimpin yang mampu mempengaruhi para bawahan dalam meningkatkan kinerja atau prestasi dan tercapainya suatu tujuan organisasi. Hal tersebut tercermin dalam kepemimpinan beliau yang senantiasa mampu memotivasi para bawahannya sehingga tercipta peningkatan prestasi dan etos kerja yang baik. Penelitian ini berfokus pada (1) Bagaimana Implentasi kepemimpinan Kiai Oom Komarudin dalam meningkatkan budaya religius santri (2) bagaimana hambatan dan peluang kepemimpinan Kiai Oom Komarudin dalam meningkatkanbudaya religius santri (3) bagaimana pengaruh kepemimpinan transformasional Kiai Oom Komarudin dalam meningkatkan budaya religius santri. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui tentang implementasi, hambatan dan peluang serta peran kepemimpinan transformasional yang dilakukan oleh Kiai Oom Komarudin dalam meningkatkan budaya religius santri. Teori yang digunakan dalam penelitian ini mengacu pada pendapat Robbins (2015) yang menyatakan bahwa, “Kepemimpinan transformasional adalah kepemimpinan yang memberikan inspirasi kepada para pengikutnya untuk melampaui kepentingan pribadi mereka, yang mampu membawa dampak yang luar biasa pada para pengikutnya. Metode dalam penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan perspektif fenomenologi. Adapun pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara, dan dokumentasi. Subjek penelitian ini adalah Kiai Oom Komarudin dan Santri. Sedangkan analisis data dilakukan dengan reduksi data, display, tafsir dan kesimpulan. Hasil dari kepemimpinan transformasional Kiai Oom Komarudin dalam meningkatkan budaya religius santri adalah (1) proses kepemimpinan transformasional Kiai Oom Komarudin menggunakan proses perencanaan analisis kebutuhan (2) Kiai Oom Komarudin dalam meningkatkan budaya religius senantiasa memberikan motivasi dan dorongan kepada para bawahan (3) Kiai Oom Komarudin sebagai pimpinan mampu menjadi teladan yang baik bagi para bawahan sehingga menimbulkan segan dan berkharisma (4) memciptakan lingkungan yang harmonis, baik melalui program yang dibuat maupun peraturan yang ditetapkan (5) melakukan perubahan pengidentifikasian pada nilai-nilai agama yang dianut sehingga tercipta nilai-nilai agama yang disepakati.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Kepemimpinan Transformasional; Budaya Religius; Santri;
Subjects: Religious Experiences
Islam > Islamic Leaders
Social Process > Leadership
Culture and Institutions
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Manajemen Dakwah
Depositing User: Maulana Malik
Date Deposited: 19 Jul 2022 03:01
Last Modified: 19 Jul 2022 03:01
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/53507

Actions (login required)

View Item View Item