Penerapan model pembelajaran Flipped Classroom pada materi dampak pembakaran hidrokarbon berorientasi literasi lingkungan : Penelitian quasi eksperimen di SMAN 26 Bandung

Nurhakim, Wida Ayuwanda (2022) Penerapan model pembelajaran Flipped Classroom pada materi dampak pembakaran hidrokarbon berorientasi literasi lingkungan : Penelitian quasi eksperimen di SMAN 26 Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (24kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (56kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (123kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (351kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (213kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (257kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (63kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (225kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh masih perlu ditingkatkannya kemampuan literasi lingkungan peserta didik terutama materi dampak pembakaran hidrokarbon pada pembelajaran kimia di masa pandemi. Tujuan penelitian ini untuk mendeksripsikan aktivitas peserta didik, menganalisis hasil belajar kemampuan literasi lingkungan setelah diterapkan model pembelajaran flipped classroom pada materi dampak pembakaran hidrokarbon. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu quasi eksperiment dengan desain posttest only control design. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas XI MIPA 1 di SMAN 26 Bandung dengan jumlah 36 orang. Instrumen yang digunakan berupa rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP), lembar observasi, lembar kerja peserta didik (LKPD), dan soal posttest literasi lingkungan. Data diperoleh dari hasil observasi pada kegiatan pembelajaran dan pemberian skor pada soal posttest. Hasil penelitian aktivitas pembelajaran model flipped classroom terbagi menjadi tiga diantaranya kegiatan belajar pada pre-class, in-class, dan out of class. Hasil penelitian menunjukkan aktivitas peserta didik secara keseluruhan mencapai 92,5% dengan interpretasi sangat baik. Nilai rata-rata hasil belajar kemampuan literasi lingkungan sebesar 72,45 dengan kategori baik. Hasil uji hipotesis menggunakan SPSS mengindikasikan bahwa H0 ditolak dan Ha diterima sehingga menunjukkan peningkatan kemampuan literasi lingkungan peserta didik setelah diterapkan pembelajaran model flipped classroom pada materi dampak pembakaran hidrokarbon.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: flipped classroom; pembakaran hidrokarbon; literasi lingkungan
Subjects: Educational Institutions, Schools and Their Activities
Educational Institutions, Schools and Their Activities > Teachers and Teaching
Chemistry and Allied Science
Chemistry and Allied Science > Chemists
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Kimia
Depositing User: Wida Ayuwanda Nurhakim
Date Deposited: 18 Jul 2022 07:07
Last Modified: 18 Jul 2022 07:07
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/53477

Actions (login required)

View Item View Item