Pengaruh Return On Investment (ROI), Earning Per Share (EPS) dan Price Earning Ratio (PER) terhadap harga saham: Studi pada PT. Astra International Tbk. periode 2011-2020

Sihombing, Ari Gustiana (2022) Pengaruh Return On Investment (ROI), Earning Per Share (EPS) dan Price Earning Ratio (PER) terhadap harga saham: Studi pada PT. Astra International Tbk. periode 2011-2020. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (36kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (168kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (118kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (214kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (464kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (370kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (630kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (118kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (125kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh pihak-pihak yang melakukan investasi di pasar modal dengan harapan mendapatkan keuntungan di masa yang akan datang. Investor perlu memperhatikan berbagai hal sebelum menanamkan modalnya, salah satunya menganalisis harga saham dan apa saja yang dapat memengaruhi perubahannya. Return On Investment, Earning Per Share dan Price Earning Ratio yang berfluktuasi diduga dapat memengaruhi perubahan harga saham. Penelitian ini juga dilakukan karena adanya perbedaan hasil antara penelitian terdahulu dan ketidaksamaan hasil dengan teori. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh Return On Investment, Earning Per Share dan Price Earning Ratio terhadap harga saham baik secara parsial maupun secara simultan dengan studi pada PT. Astra International Tbk. periode 2011-2020. Penelitian ini menggunakan teori utama bernama signalling theory yang dikemukakan pertama tahun 1973 oleh Spence. Teori ini memberikan informasi dan petunjuk bagi pihak investor sebagai pertimbangan dalam berinvestasi. Investor dapat melihat informasi yang dibutuhkan dari harga saham yang dianalisis secara teknikal dan fundamental serta dari analisis laporan keuangan. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode penelitian deskriptif dan verifikatif dengan pendekatan kuantitatif. Pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling dengan kriteria yang ditentukan menghasilkan jumlah sampel sebanyak 10. Menggunakan data sekunder yang diperoleh dari website www.astra.co.id, www.idx.co.id, dan www.investing.com. Teknik analisis data dilakukan dengan analisis deskriptif, uji asumsi klasik, uji regresi linear berganda, uji-t, uji-f, dan analisis koefisien determinasi menggunakan SPSS versi 25. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Return On Investment secara parsial tidak berpengaruh signifikan terhadap harga saham, Earning Per Share secara parsial berpengaruh signifikan terhadap harga saham, Price Earning Ratio secara parsial berpengaruh signifikan terhadap harga saham, Return On Investment, Earning Per Share dan Price Earning Ratio secara simultan berpengaruh signifikan terhadap harga saham. Antar variabelnya menunjukkan hubungan yang sangat kuat, dan variabel bebas dapat menjelaskan secara baik informasi yang dibutuhkan untuk memperkirakan variasi dalam variabel terikat.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Return On Investment; Earning Per Share; Price Earning Ratio; Harga Saham
Subjects: Financial Economics, Finance > Investment
Accounting > Financial Reporting
General Management
General Management > Financial Management
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Manajemen
Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Program Studi Manajemen
Depositing User: Ari Gustiana Sihombing
Date Deposited: 18 Jul 2022 01:19
Last Modified: 18 Jul 2022 01:19
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/53418

Actions (login required)

View Item View Item