Pengaruh penggunaan model Means End Analysis untuk meningkatkan hasil belajar kognitif pada pembelajaran matematika siswa kelas VI SDN 267 Griya Bumi Antapani

Mufida, Salwa Iqlima (2022) Pengaruh penggunaan model Means End Analysis untuk meningkatkan hasil belajar kognitif pada pembelajaran matematika siswa kelas VI SDN 267 Griya Bumi Antapani. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_Cover.pdf

Download (73kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_Abstrak.pdf

Download (125kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_Daftar Isi.pdf

Download (113kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_Bab 1.pdf

Download (292kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_Bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (263kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_Bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (227kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_Bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (683kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_Bab 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (49kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (133kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar kognitif siswa dalam menyelesaikan masalah matematika. Alternatif pembelajaran terhadap rendahnya hasil belajar kognitif siswa adalah dengan menerapkan model pembelajaran Means End Analysis. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan rata-rata peningkatan hasil belajar kognitif siswa kelas VI pada pembelajaran matematika yang menggunakan model Means End Analysis dengan pembelajaran yang menggunakan model Direct Instruction. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VI SDN 267 Griya Bumi Antapani tahun pelajaran 2021/2022. Sampel yang diambil adalah kelas VI A, dan kelas VI B dengan menggunakan teknik purposive sampling. Teknik mengumpulan data yang dilakukan adalah tes, dan observasi. Teknik analisis data menggunakan independent t-test dengan taraf signifikasi 5% dengan hipotesis terdapat perbedaan rata-rata peningkatan hasil belajar kognitif pembelajaran matematika antara siswa yang mengikuti model pembelajaran Means End analysis dengan siswa yang mengikuti model Direct Instruction. Hasil penelitian diperoleh bahwa: Hasil belajar kognitif sebelum dan setelah menerapkan model Means End Analysis memperoleh peningkatan. Hasil belajar kognitif sebelum dan setelah menerapkan model Direct Instruction memperoleh peningkatan. Tidak terdapat perbedaan hasil belajar kognitif siswa antara pembelajaran menggunakan model pembelajaran Means End Analysis dengan pembelajaran yang menggunakan model Direct Instruction. Sehingga hasil belajar kognitif pada pembelajaran matematika menggunakan model Means End Analysis sama dengan hasil belajar kognitif dengan menggunakan model Direct Instruction.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Means End Analysis; Hasil Belajar Kognitif; Matematika
Subjects: Mathematics > Data Processing and Analysis of Mathematics
Applied mathematics > Statistical Mathematics
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Salwa Iqlima Mufida
Date Deposited: 17 Jul 2022 15:03
Last Modified: 17 Jul 2022 15:03
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/53398

Actions (login required)

View Item View Item