Strategi manajemen dalam peningkatan mutu pelayanan : Studi deskriptif di Seksi Pendidikan Diniyah dan Pondok Pesantren Kantor Kementrian Agama Kabupaten Ciamis

Abdurahman, Muhamad (2021) Strategi manajemen dalam peningkatan mutu pelayanan : Studi deskriptif di Seksi Pendidikan Diniyah dan Pondok Pesantren Kantor Kementrian Agama Kabupaten Ciamis. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (41kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (137kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (475kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (440kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (269kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (527kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (31kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (176kB) | Request a copy

Abstract

Pelayanan umum masih menjadi satu dinamika yang terus terjadi ditengah arus kehidupan bermasyarakat, pelayanan umum sendiri adalah bentuk kegiatan yang dilakukan oleh satu lembaga atau tataran birokrasi kepada khalayak umum. Dalam praktiknya maka Strategi Manajemen adalah Serangkaian keputusan dan tindakan manajerial. Pelaksaan kegiatan kerja dalam suatau lembaga harus lah didukung dengan pemahamana Strategi Manajemen yang baik, pemanfaatan dan penggunan formulasi ini akan melahirkan satu bentuk kinerja yang baik dan bermutu. Maka proses Strategi Manajemen sendiri merupakan satu langkah yang harus ditempuh agar terciptanya pelaksanaan pelayaan umum yang akan dirasa manfaat dan kualitasnya oleh semua pihak. Seksi Pendidikan Diniyah Dan Pondok Pesantren (PDPP) adalah seksi yang berada di Kantor Kementrian Agama Kabupaten Ciamis, pada pelaksaannya seksi PDPP memiliki standar acuan yang diatur oleh Strategi Manajemen yang telah di buat dan diformulasikan oleh pimpinan. Maka penelitian ini berfokus pada : 1. Bagaimana formulasi strategi yang digunakan dalam Peningkatan Mutu Pelayanan yang dilakukan Seksi Pendidikan Diniyah dan Pondok Pesantren Kantor Kementrian Agama Kabupaten Ciamis; 2. Bagaimana implementasi yang digunakan dalam Peningkatan Mutu Pelayanan Seksi Pendidikan Diniyah dan Pondok Pesantren Kantor Kementrian Agaman Kabupaten Ciamis; 3. Bagaimana proses hasil evaluasi yang dilakukan dalam Peningkatan Mutu Pelayanan Seksi Pendidikan Diniyah dan Pondok Pesantren Kantor Kementrian Agama Kabupaten Ciamis. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana proses strategi manajemen dilakuakan dalam kegiatan organisasi seksi PDPP Kantor Kementrian Agama Kabupaten Ciamis yang terdiri dari formulasi strategi, implementasi strategi dan evaluasi strategi dalam meningkatkan kualitas pelayanan publik. Dalam penelitian ini teori strategi manajemen yang digunakan adalah proses strategi manajemen, yaitu formulasi strategi, implementasi strategi dan evaluasi strategi. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Adapun penelitian yang digunakan adalah dengan obsesrvasi lapangan, wawancara, dan studi dokumentasi sebagai bukti adanya proses strategi manajemen dalam pelayanan yang dilakukan oleh Seksi Pendidikan Diniyah dan Pondok Pesantren Kantor Kementrian Agama Kabupaten Ciamis. Berdasarkan hasil penelitian di lapangan, maka diperoleh hasil bahwa strategi manajemen di Seksi Pendidikan Dan Pondok Pesantren Kantor Kementrian Agama Kabupaten Ciamis dilakukan dengan tiga tahapan : pertama formulasi strategi yang meliputi perumusan kebijakan, penentuan tujuan dan sasaran. Kedua implementasi strategi yang meliputi strategi pelaksanaan agar sesuai dengan perumusan dan ketiga adalah evaluasi strategi yaitu dengan melakukan kegiatan evalkuasi bulanan dan tahunan dengan olah data hasil implementasi dilapangan.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: strategi; manajemen; mutu; pelayanan;
Subjects: General Management > Education, Research of Management
General Management > Planning and Strategic Management
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Manajemen Dakwah
Depositing User: Muhammad Abdurahman
Date Deposited: 18 Jul 2022 04:39
Last Modified: 18 Jul 2022 04:39
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/53388

Actions (login required)

View Item View Item