Pengaruh Financing to Deposit Ratio (FDR) dan Operating Expenses to Operating Revenue (BOPO) terhadap Return On Equity (ROE) di PT. BRI Syariah periode 2011-2020

Nurmalasari, Ayu (2022) Pengaruh Financing to Deposit Ratio (FDR) dan Operating Expenses to Operating Revenue (BOPO) terhadap Return On Equity (ROE) di PT. BRI Syariah periode 2011-2020. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (16kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (27kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (607kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (586kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (708kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (341kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (493kB) | Request a copy

Abstract

Bank merupakan badan usaha yang menghimpun dana dari masyarakat dalam bentuk simpanan dan menyalurkan dana tersebut kepada masyarakat dalam bentuk pinjaman dan bentuk lainnya untuk meningkatkan usaha dalam bidang keuangan. Pada suatu bank tingkat kesehatan merupakan faktor terpenting dalam pengambilan stakeholder. Financing to Deposit Ratio (FDR), Operating Expenses to Operating Revenue (BOPO) dan Return On Equity (ROE) dapat dijadikan indikator penting dalam menilai tingkat kesehatan suatu bank. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Financing to Deposit Ratio (FDR) secara parsial terhadap Return On Equity (ROE); pengaruh Operating Expenses to Operating Revenue (BOPO) secara parsial terhadap Return On Equity (ROE); dan berapa besar pengaruh Financing to Deposit Ratio (FDR) dan Operating Expenses to Operating Revenue (BOPO) secara simultan terhadap Return On Equity (ROE) pada PT. BRI Syariah periode 2011-2020. Penelitian ini berdasarkan pada teori yang menyatakan bahwa semakin rendah Financing to Deposit Ratio (FDR) dan Operating Expenses to Operating Revenue (BOPO) maka akan semakin meningkat Return On Equity (ROE) begitupun sebaliknya. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Data yang digunakan adalah data sekunder yang diperoleh dari laporan keuangan yang dipublikasi PT. BRI Syariah periode 2011-2020. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis deskriptif, analisis uji asumsi klasik, analisis uji asosiatif dan analisis uji hipotesis. Hasil penelitian menunjukan bahwa Financing to Deposit Ratio (FDR) secara parsial berpengaruh positif tidak signifikan terhadap Return On Equity (ROE) dimana berdasarkan hasil uji t diperoleh thitung < ttabel atau 1,587 < 2,306. Pada variabel Operating Expenses to Operating Revenue (BOPO) secara parsial berpengaruh negatif tidak signifikan terhadap Return On Equity (ROE) dimana berdasarkan hasil uji t diperoleh thitung < ttabel atau -6,998 < 2,306. Kemudian secara simultan, diketahui bahwa Financing to Deposit Ratio (FDR) dan Operating Expenses to Operating Revenue (BOPO) berpengaruh signifikan terhadap Return On Equity (ROE) dimana berdasarkan hasil uji f diperoleh fhitung > ftabel atau 29,086 > 4,74.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Financing to Deposit Ratio (FDR); Operating Expenses to Operating Revenue (BOPO); Return On Equity (ROE).
Subjects: Financial Economics, Finance
Financial Economics, Finance > Banks
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Program Studi Manajemen Keuangan Syariah
Depositing User: Ayu Nurmalasari
Date Deposited: 18 Jul 2022 04:44
Last Modified: 18 Jul 2022 04:44
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/53386

Actions (login required)

View Item View Item