Upaya meningkatkan kemampuan membaca Al Quran dengan menggunakan metode Tutor Sebaya : Penelitian quasi eksperimen pada peserta didik kelas XI SMA Muhammadiyah Cipanas Kab.Cianjur

Fadhilah, Mohamad Rizal (2022) Upaya meningkatkan kemampuan membaca Al Quran dengan menggunakan metode Tutor Sebaya : Penelitian quasi eksperimen pada peserta didik kelas XI SMA Muhammadiyah Cipanas Kab.Cianjur. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (213kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (324kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_Daftar isi.pdf

Download (415kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 1)
4_Bab 1.pdf

Download (752kB) | Preview
[img] Text (BAB 2)
5_Bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (706kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3)
6_Bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (718kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4)
7_Bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (920kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5)
8_Bab 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (328kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftar pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (306kB) | Request a copy

Abstract

Berdasarkan studi pendahuluan di SMA Muhammadiyah Cipanas Kab. Cianjur kelas XI masih terdapat peserta didik yang memiliki kemampuan membaca Al-Quran yang rendah dibuktikan dengan nilai mata pelajaran Al-Quran yang di bawah KKM. Hal ini menjadi kesenjangan antara peserta didik lainnya yang memiliki kemampuan membaca Al-Quran yang baik. Penulis merasa tertarik untuk meneliti mengenai upaya meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an dengan menggunakan metode tutor sebaya. Penelitian ini bertujuan 1) Mendeskripsikan realitas kemampuan membaca Al-Quran dengan menggunakan metode tutor sebaya pada siswa kelas XI SMA Muhammadiyah Cipanas Kab. Cianjur. 2) Menganalisis kemampuan membaca Al-Quran tanpa menggunakan metode tutor sebaya pada siswa kelas XI SMA Muhammadiyah Cipanas Kab. Cianjur. 3) Menganalisis kemampuan membaca Al-Quran dengan menggunakan metode tutor sebaya pada siswa kelas XI SMA Muhammadiyah Cipanas Kab. Cianjur. 4) Mengetahui pengaruh metode tutor sebaya terhadap kemampuan membaca Al-Quran pada siswa kelas XI SMA Muhammadiyah Cipanas Kab. Cianjur. Penelitian ini berlandaskan pada asumsi bahwa Kemampuan membaca Al-Quran yang baik bagi peserta didik menjadi suatu harapan yang ingin diwujudkan baik dalam pembelajaran PAI maupun dalam kehidupan sehari-hari. Dari asumsi tersebut peneliti mengajukan hipotesis dalam penelitian ini adalah semakin lancar siswa membaca Al-Qur’an maka semakin antusias dalam belajar tentang Al-Qur’an. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif yang secara umum dilaksanakan dengan menggunakan metode Quasi-eksperimen. Untuk teknik pengumpulan data terdiri dari studi kepustakaan, observasi, wawancara, dan tes (pretest & postest). Sedangkan analisis datanya menggunakan pendekatan statistic yaitu analisis N-Gain, uji normalitas, uji Homogenitas dan uji Hipotesis. Dari penelitian yang telah dilakukan didapatkan hasil : (1) Keterlaksanaan aktivitas pembelajaran menggunakan Metode Tutor Sebaya Upaya Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Qur’an, diperoleh nilai rata-rata aktivitas guru 98,5% dan nilai rata-rata aktivitas siswa 93,5%. Rata-rata nilai keduanya memiliki interpretasi yang sangat baik. (2) kemampuan Membaca Al-Qur’an, pada kelas eksperimen diperoleh nilai rata- rata pretest 33.48, nilai rata-rata posttest 78.96 dan N-Gain 0,68 dengan kategori sedang. Pada kelas kontrol diperoleh nilai rata-rata pretest 30.19, nilai rata-rata posttest 61.07 dan N-Gain 0,44 dengan kategori sedang..(3) Persentase tertinggi dan terendah Kemampuan Membaca Al-Qur’an siswa pada kelas dengan metode tutor sebaya memiliki nilai persentase tinggi yang lebih besar dan (4) Respon siswa terhadap pembelajaran menggunakan metode tutor sebaya memiliki nilai rata-rata 86% dengan interpretasi tinggi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: upaya; kemampuan membaca alquran; metode tutor sebaya
Subjects: Animal Husbandry > Education, Research, Related Topics
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mohamad Rizal Fadhilah
Date Deposited: 01 Aug 2022 08:12
Last Modified: 01 Aug 2022 08:12
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/53378

Actions (login required)

View Item View Item